Kementan Bantu Traktor Untuk Dukung Pertanian Organik di Butur – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Utara

Kementan Bantu Traktor Untuk Dukung Pertanian Organik di Butur

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong Kabupaten Buton Utara (Butur) menjadi lumbung penghasil pangan organik terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra). Untuk mendukung program tersebut, kementerian yang dipimpin H. Amran Sulaiman tersebut kembali memberikan bantuan empat unit traktor untuk mendorong produktivitas petani dalam bercocok tanam organik. Pihak Dinas Pertanian Butur memastikan, bantuan itu akan segera disalurkan dalam waktu dekat ini.

Pelaksana Tugas Sementara Kepala Dinas Pertanian Butur, Ir. Yusuf menuturkan, kementerian mendukung penuh program pertanian bebas bahan kimia. Penyaluran bantuan akan dibahas bersama pihak terkait. Untuk memastikan kelompok tani yang menerima bantuan, mampu memanfaatkan dengan baik sehingga hasil produksi pertanian organik bisa melimpah. “Selain itu, penggunaan traktor dapat menghemat biaya produksi serta meningkatkan produksi pangan,” ujar Yusuf, senin(25/9).

Mantan Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Butur itu menambahkan, bantuan traktor sangat dibutuhkan petani untuk menggarap lahan seluas 400 hektar padi ladang dan sawah organik yang akan dibuka tahun ini. “Alat pertanian masih kurang memadai. Bupati sangat proaktif mengajukan berbagai usulan agar mendapatkan bantuan dari kementerian terkait untuk menyukseskan program pertanian organik,” tambah mantan Camat Kambowa itu.

Yusuf menuturkan, untuk menyukseskan program pertanian organik petani membutuhkan pupuk organik pula. Beberapa keluhan petani tanaman mereka ada yang terserang hama. Sedangkan pupuk yang tersedia hanya mengandung bahan kimia dan itu tak cocok untuk pertanian organik. “Bantuan pupuk organik sangat dibutuhkan. Sebab ketersediannya masih sangat terbatas,” tandasnya. (c/had)
.

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top