Pariwara
Buton Tengah

DKP Buteng Serahkan 188 Unit Kapal Bulan Oktober

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Buton Tengah (Buteng) segera menyerahkan 188 unit kapal bagi para nelayan. Bantuan tersebut dianggarkan melalui dana alokasi khusus (DAK) dan beberapa diantaranya menggunakan dana desa. Rencananya Oktober 2017 mendatang kapal bantuan tersebut akan diserahkan serentak di Teluk Lianabanggai, Desa Lanto.

Kepala DKP Buteng, Muh. Rijal mengatakan, kapal bantuan melalui DAK sebanyak 30 unit. Ada yang berbobot tiga gros ton (GT) dan di bawah tiga GT masing-masing 15 unit. Sementara 155 kapal lainnya dianggarkan melalui dana desa. Untuk Waara ada 10 unit, One Waara dua unit, dan Waliko lima unit. Selain itu, ada desa Lanto 27 unit, Watorumbe 25, Watoba 15, Wakambangura I 16 unit, Wakambangura II 39 dan Air Bajo 19 unit.

“Saat ini kapal tersebut dalam proses lelang. Rencananya Oktober akan diserahkan pada para nelayan oleh bupati (Samahuddin). Sebelum bantuan diserahkan, kami akan mengarahkan para nelayan untuk menguji layak pakainya bantuan tersebut. Dengan demikian, tidak ada nelayan yang mengeluhkan bantuan ini tidak layak digunakan,” ungkapnya, senin(25/9).

Menurut Muh. Rijal, semua bantuan sudah harus terinput dalam data statistik Kementerian Perikanan. Saat ini, pihaknya sementara menvalidasi data penerima bantuan agar lebih tepat sasaran. “Kami khawatir data tahun lalu yang akan menerima bantuan, bukan nelayan. Bahkan, kami mendapatkan pada beberapa desa ada penerima bantuan yang tak masuk kategori nelayan. Kami sementara membuat surat keputusan bupati terkait perubahan data penerima bantuan,” jelasnya.

Muh. Rijal mengungkapkan, proses pendataan para nelayan selama ini berdasarkan laporan dari desa dan kelurahan. Pihaknya melakukan survei lapangan untuk memastikan mereka yang akan mendapat bantuan betul-betul berhak. Pasalnya ada tiga kategori untuk profesi itu, yakni nelayan penuh, sambilan utama atau sambilan tertentu. “Kami berharap bantuan ini bisa tepat sasaran,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top