Warga Konut Minta Pengaspalan Poros Langgikima-Morombo – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Konawe Utara

Warga Konut Minta Pengaspalan Poros Langgikima-Morombo

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
Ruas jalan di poros Langgikima yang hingga belum tersentuh pengaspalan. Padahal jalur transportasi publik itu dimanfaatkan sejumlah angkutan perusahaan.

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi ruas jalan di Kecamatan Langgikima yang menghubungkan beberapa desa di wilayah itu masih sangat memprihatinkan. Hingga saat ini, keadaan jalan publik yang dilintasi areal perkebunan kelapa sawit berbendera PT Damai Jaya Lestari (DJL) dan Sultra Prima Lestari kondisinya berlumpur dan sulit dilalui kendaraan.

Warga di wilayah itupun meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) secepatnya melakukan pengaspalan jalan untuk memberikan kenyamanan dalam mengangkut hasil pertanian masyarakat. “Sudah puluhan tahun kondisi jalannya dibiarkan seperti ini. Berlumpur, berbatu dan menanjak menjadi penyebab hasil perkebunan masyarakat sulit untuk didistribusikan,” keluh warga Desa Morombo Pantai, Kecamatan Langgikima, Burhanuddin, Sabtu (23/9).

Ia juga mengatakan parahnya kondisi jalan poros Langgikima disebabkan beberapa kendaraan perusahaan kelapa sawit yang lalu lalang. Apalagi dimusim penghujan saat ini akan membuat akses transportasi itu semakin berlumpur dan sulit dilalui. “Untuk bentangan jalan dari Morombo Pantai sampai di Kelurahan Langgikima sekitar 11 kilometer. Itu yang belum diaspal. Kita berharap secepatnya. Kasihan masyarakat kalau bawa hasil kebun, kondisi jalannya tidak memadai,” pinta warga trans eksodus Ambon tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Konut, Made Tarubuana mengaku jika poros Langgikima-Pariama telah dianggarkan pemerintah untuk pengaspalan. Pekerjaannya akan dilakukan tahun ini juga. “Sudah ada anggaran untuk pengaspalan jalan. Kalau tidak salah jalan yang akan diaspal itu bentangannya 13 kilometer mulai dari simpang tiga Puloro sampai Pariama,” ujar Made Tarubuana, Minggu (24/9).

Hanya saja, secara teknis politisi PDIP Konut itu tidak mengetahui pasti berapa besaran anggaran yang digelontorkan untuk pengaspalan jalan di ruas Langgikima-Pariama. Plh Kepala Dinas PU Konut, Maspel yang coba dihubungi, tidak aktif. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top