Pemkab Buton Belum Meiliki Data Perumahan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Pemkab Buton Belum Meiliki Data Perumahan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Buton belum memiliki data perumahan yang menjadi hunian masyarakatnya. Baik itu total jumlah rumah permanen maupun tidak layak huni (RTLH) dan besaran kebutuhan kediaman. Sampai saat ini Pemkab melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman Buton masih terus melakukan pendataan.

“Kami belum punya datanya. Jadi pertanyaan berapa RTLH maupun berapa unit kebutuhan di Buton, belum bisa kami jawab. Sekarang petugas kami masih terus melakukan pendataan,” aku La Ode Zilfar Djafar, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Buton, akhir pekan lalu.

Ditargetkan, tahun ini Pemkab akan menuntaskan pendataan rumah pada tujuh kecamatan dan 95 desa/kelurahan yang ada. Meski demikian, upaya mendapatkan bantuan perumahan dari Kemeterian terus diusulkan melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). “Setelah saya bertemu langsung dengan Dirjen Perumahan, mereka janji akan dibantu 2018 nanti. Soalnya, tahun ini kami tidak dapat bantuan BSPS kementerian,” paparnya.

Jika tidak dikurangi, Buton akan mendapat 500 unit BSPS, sesuai usul yang disampaikan. Tidak itu saja, Pemkab juga menyasar anggaran Rp 30 miliar bisa turun ke Buton melalui usulan dana alokasi khusus di 2018 mendatang. Anggaran tersebut untuk bantuan perumahan masyarakat. “Sasaran kita masyarakat berpenghasilan rendah yang tak memiliki rumah representatif,” sambungnya.

Untuk sistem pengusulan BSPS tersebut, kata Zilfar Djafar, dilakukan secara online. Jadi Pemkab hanya memasukkan data kondisi rumah, nama dan alamat pemilik ke sebuah sistem yang terhubung ke server di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Mengenai penerima bantuan, akan langsung diverifikasi pemerintah pusat. “Sistem itu sendiri yang pilah. Jadi penentuan dan pembagiannya lebih adil dan merata berdasarkan kondisi di lapangan,” pungkasnya. (c/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top