Dinkes Kendari Optimis Raih Predikat Kota Sehat – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Dinkes Kendari Optimis Raih Predikat Kota Sehat

drg.Rahminingrum Pujirahayu

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari ingin mempersembahkan kado manis bagi Wali Kota Kendari terpiliha, Adriatma Dwi Putra setelah dilantik nanti. Dinkes di bawah kendali drg.Rahminingrum Pujirahayu ingin mempersembagkan predikat Kota Sehat tahun 2017 kepada wali kota baru. Tim verifikasi dari Kementerian Kesehatan RI sudah turun dan melakukan penilaian. Kini, predikat Kota Sehat Wistara sudah di depan mata. Sejauh ini, optimisme Dinkes Kota Kendari tak surut. Sebab, persiapan mengikuti lomba tersebut sudah dilakukan sejak setahun lalu.

Sebelumnya, Pemkot melalui Dinkes Kendari sudah mengantongi empat penghargaan serupa, yakni kategori Badapa, Satwa Badapa, Wiwerda dan dua kali penghargaan untuk 2013 dan 2015. Peluang Kota Kendari sebagai salah satu nominasi terlihat saat tim penilai kota sehat melakukan verifikasi di tujuh lokasi yang ditunjuk sebagai lokasi penilaian.

Kepala Dinkes Kota Kendari drg. Rahminingrum Pujirahayu menjelaskan sekira 300 kota ikut ambil bagian dalam lomba Kota Sehat dan Kota Kendari dipilih tim penilai untuk diverifikasi. “Saya dampingi tim melakukan penilaian di Polda, SMP 15, Kebun Raya Kota Kendari, terminal Baruga dan tiga tempat lainnya. Setelah penilaian kami tinggal menunggu hasil saja. Yang pasti kami optimis meraih predikat Kota Sehat,” ujar Rahminingrum Pujirahayu, Sabtu (23/9) lalu.

Rahminingrum menjelaskan sebelum tahap verifikasi, Pemkot telah melakukan beberapa hal untuk masuk nominasi penilaian kota sehat. Diantaranya pembentukan forum kota sehat, rapat koordinasi lintas sektor dan program akhir yaitu menentukan tujuh lokasi yang menjadi penilaian Kota sehat. “Tahapan sebelum verifikasi lumayan lama, sekira satu tahun. Dalam tahapan tersebut segala sesuatu telah kami persiapkan untuk berkompetisi dalam penilaian kota sehat,” ungkapnya.

Rahminingrum menegaskan saat ini tinggal menunggu hasil akhir penilaian dari Kementerian Kesehatan. Bila terpilih sebagai Kota Sehat, Kota Kendari akan menuai predikat kota layak huni, kota dengan lingkungan sehat dan sarana transportasi sehat. “Semua predikat itu ada di Kota Kendari jadi kami optimis menang. Penganugerahan Kota Sehat akan dilakukan bertepatan pada hari kesehatan nasional (HKN) November nanti,” tutupnya. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top