Rajiun Genjot Pembangunan Infrastruktur di Muna Barat – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Muna Barat

Rajiun Genjot Pembangunan Infrastruktur di Muna Barat

Bupati Muna Barat, LM Rajiun Tumada berbincang dengan Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin, saat berkunjung di Gedung Graha Pena.

KENDARIPOS.CO.ID — Semangat membangun LM Rajiun Tumada sungguh luar biasa. Meski belum genap setahun menjadi bupati definitif Muna Barat (Mubar), namun buah kerjanya sudah bisa dirasakan masyarakat. Yang paling menonjol adalah komitmennya untuk terus menggenjot pembangunan infrastruktur, terutama jalan dan jembatan.

Khusus pembangunan jalan, mantan Kasat Pol PP Pemprov Sultra ini menargetkan, pada 2020 semua sudah mulus teraspal. Mulai jalan utama hingga jalur alternatif yang dibuka belakangan ini. Semua rencana memoles Mubar hingga sejajar dengan daerah maju disampaikan Rajiun saat berkunjung di Graha Pena Kendari Pos, Jumat (22/9).

“Masalah jalan ini memang menjadi skala prioritas. Karena salah satu syarat daerah berkembang adalah mobilisasi barang dan jasanya harus lancar. Untuk mendukung semua itu, akses jalan yang harus dibenahi duluan,” ungkap Rajiun saat berbincang dengan Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran.

Dia menambahkan, untuk ringroad Laworo kualitasnya akan ditingkatkan lagi. Dari pengerasan pilihan menjadi pengerasan terbaik yang bahannya didatangkan dari Palu, Sulawesi Tengah. Rencananya, jalan kabupaten sepanjang 19,6 km dengan lebar 28 meter itu akan menjadi ikon Mubar nantinya. Sementara untuk jalan Tondasi, sudah dinaikan statusnya dari jalan provinsi menjadi jalan nasional. “Sekarang sudah dikerja, panjangnya 9 km. Masyarakat sudah menikmatinya,” jelasnya.

Tahun depan, Pemkab Mubar juga sudah merancang jaringan jalan dan kompleks perkantoran Bumi Praja Laworo. Bagi Rajiun, kantor kerjanya tak terlalu penting dibanding akses jalan untuk masyarakat. Makanya, setelah tiga tahun memimpin Mubar (dua tahun sebagai Pj bupati), dirinya belum memaksakan diri untuk memiliki kantor representatif itu. “Saya dari jadi Pj bupati sampai sekarang memang fokus bangun infrastruktur jalan. Ini penting supaya roda ekonomi masyarakat lancar,” terangnya..

Lebih jauh Ketua Lemkari Sultra menjelaskan, selain membangun infrastrukturnya, masyarakat Mubar juga harus diberdayakan dari berbagai sektor. Termasuk soal pegawai yang diwajibkan tinggal di Mubar. Semua kebijakan tegas itu diambilnya demi mempercepat pembangunan daerah. “Artinya kalau PNS tinggal di sana (Mubar), anak-anaknya sekolah di sana, maka roda ekonomi akan cepat berputar,” imbuhnya. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top