Survey Elektabilitas Calon PDIP di Dua Pilkada Rampung – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

Survey Elektabilitas Calon PDIP di Dua Pilkada Rampung

KENDARIPOS.CO.ID — PDIP Sultra cukup selektif mengusung calon pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018. Tak heran, partai besutan Megawati Soekarno Puteri ini ikut menggandeng Indo Barometer untuk mengukur tingkat elektabilitas para kandidat di Pilkada Konawe, Kolaka dan Baubau.

Berdasarkan laporan, Indo Barometer telah merampungkan pengumpulan data dan sampel di Konawe dan Kolaka. Hanya saja, ia belum bisa memastikan siapa calon yang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi. Pasalnya, laporannya belum diserahkan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sultra. “Setelah bekerja selama 17 hari, survey yang dilakukan Indo Barometer telah tuntas. saat ini, kami masih menunggu laporannya. Bila sudah ada datanya, baru akan dikerucutkan lagi,” kata Agus Sana’a, Juru Bicara Desk Pilkada DPD PDIP Sultra.

Hasil survey ini kata Agus, akan menjadi acuan partai mengajukan calon ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Sebelum memutuskan tiga nama, terlebih dahulu DPD akan mempertimbangkan. Yang pastinya, calon yang memiliki polling tertinggi bakal diajukan ke pusat. “Bila telah diserahkan ke DPP, kita tinggal menunggu keputusannya saja. Nantinya, DPP akan menyerahkan rekomendasi partai dalam bentuk SK. Rekomendasi itu berisi beberapa poin. Diantaranya, meminta calon mencari Parpol koalisi dan meminta calon mencari pendampingnnya (wakil),” ujarnya.

Nilai tawar yang dimiliki partai berlambang banteng ini cukup besar terutama di Konawe dan Kolaka. Di dua daerah ini, komposisi keterwakilan PDIP di parlemen sebanyak empat kursi di DPRD. Sementara di Bau-bau hanya satu kursi. Khusus di Baubau, pengumpulan data dilapangan masih semetara berlangsung. Dari hasil konfirmasi yang diterima DPP, surveynya akan dirampungkan antara tanggal 25 hingga 27 September mendatang. “Jadi kita tunggu saja hasilnya,” tutupnya.(b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top