DPRD Mubar Target 34 Raperda, Tuntas Sembilan – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Muna Barat

DPRD Mubar Target 34 Raperda, Tuntas Sembilan

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah rancangan peraturan daerah (Raperda) yang masuk dalam program legislasi daerah (Prolegda) pada tahun 2017 ini terancam gagal dibahas. Untuk tahun ini, pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menargetkan akan menyelesaikan 34 produk hukum daerah yang terdiri dari 21 Raperda inisiatif pemerintah dan 13 gagasan DPRD.

Sebelumnya para anggota dewan yakin tahun ini bisa menyelesaikan hingga 40 Perda. Sayangnya, dari 34 Raperda yang sudah dibahas, hingga medio September ini justru baru sembilan draf yang dituntaskan. Anggota DPRD Mubar, Munawir Dio beralasan, dari 34 Raperda yang masuk dalam Prolegda, ada beberapa draf yang tidak bisa dibahas di level daerah, karena menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Jadi tidak bisa dipaksakan,” argumentasi politikus Partai Demokrat itu, Rabu (20/9) lalu. Kini, setelah menuntaskan pembahasan sembilan Perda, pihaknya masih berupaya membahas dan menetapkan hingga tujuh rancangan peraturan lainnya.

Minimnya kinerja DPRD juga terlihat sejak tahun 2015 hingga 2016 lalu. Pada masa itu, DPRD justru hanya hanya menghasilkan satu Perda terntang organisasi perangkat daerah (OPD). Sementara Perda pemilihan kepala desa yang dianggap paling penting untuk segera diselesaikan pada tahun 2016 lalu, justru baru tuntas 2017 ini. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top