Antisipasi Golput, KPU Konkep Gelar Sosialisasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Antisipasi Golput, KPU Konkep Gelar Sosialisasi

KENDARIPOS.CO.ID — Tren pemilih yang tidak menyalurkan hak suara dalam setiap Pemilu maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada) terus meningkat. Tak heran, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Kepulauan (Konkep) berusaha menekan angka golongan putih (Golput). Salah satunya dengan menggelar sosialisasi. Tidak hanya bagi masyarakat umum, namun turut menyasar pelajar yang masuk dalam daftar pemilih pemula. Untuk lebih memberi penjelasan tentang pentingnya menyalurkan suara, KPU menggelar road show di SMAN 1 Wawonii, Kamis (20/9).

Ketua KPU Konkep, Muttaqin Siddiq mengatakan kegiatan ini tak lain untuk memberi pengetahuan dan pemahaman pada pelajar tentang Pilkada dan Pemilu. Sebagai pemegang hak suara, pelajar bisa menentukan masa depan bangsa dan daerah. Selain itu, pelajar turut diajarkan tata cara menyalurkan hak pilih pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2018 dan Pemilu 2019 mendatang.

“Kami sengaja mengadakan sosialisasi ini agar pemilih pemula mengetahui tata cara menyalurkan hak pilih dalam pemilihan nanti. Selama ini sebagian besar dari mereka belum tahu sama sekali tentang penyaluran hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” Kata Muttaqin Siddiq.

Kegiatan sosialisasi di SMA kata dia, memang menjadi sasaran KPU. Pasalnya, siswa kelas XII telah memenuhi syarat masuk dalam daftar pemilih. Sesuai ketentuan, warga negara yang berusia 17 tahun ke-atas berhak menyalurkan hak pilihnya. “Sebagai pemilih pemula, kami juga memberi edukasi tentang tugas penyelenggara Pilkada dan Pemilu. Bagaimana KPU memastikan pelaksanaan pemilihan ini berlangsung jujur dan adil. Makanya, kami mengajak para siswa untuk mendukung penyelenggara. Salah satunya, dengan datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilih,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Wawonii, Rosida Asnal menyambut baik kegiatan tersebut. Selain mengajak untuk tidak Golput, sosialisasi ini memberi pemahaman agar para pemilih pemula sadar pentingnya menyalurkan hal suara. Paling tidak, dengan diadakannya kegiatan ini pemilih ini bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan saat pemilihan. “Kita perlu apresiasi kegiatan ini. Tentunya, banyak pengetahuan baru yang diperoleh siswa. Jangan sampai karena tidak sepengetahuan mereka, surat suaranya dianggap batal. Hanya karena persoalan sepele atau kertas suaranya rusak,” ujar Rosida. (san)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar sosialiasi di SMAN 1 Wawonii. Dalam kegiatan itu, KPU menggelar simulasi pemungutan suara di TPS dengan melibatkan para siswa. Foto : Musalim/Kendari Pos

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top