16 Desa di Buteng Gelar Pilkades Serentak – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Tengah

16 Desa di Buteng Gelar Pilkades Serentak

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) sementara mempersiapkan tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada November 2017 mendatang. Desa yang akan melaksanakan pemilihan itu adalah wilayah dengan periode pemerintahan yang telah berakhir sejak tahun 2015 lalu hingga 2017.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buteng, Armin mengatakan, ada 16 desa yang akan melaksanakan pemilihan dan tersebar pada enam kecamatan. Di kecamatan Lakudo, Mawasangka, Mawasangka Tengah dan Mawasangka Timur masing-masing tiga desa. Sementara Kecamatan Gu dan Sangiawambulu masing-masing dua desa.

“Desa yang kami maksudkan adalah Matawine, Waara, Langkomu dan Baruta Analalaki. Kemudian Desa Bungi, Lolibu, Kolowa dan Laliwo. Setelah itu, ada Desa Oengkolaki, Matara, Kancebungi dan Wantopi. Termasuk Desa Bantea, Watorumbe, Baruta dan Batubanawa,” rinci Armin, kamis(21/9).

Ia menjelaskan, dalam pekan ini pihaknya akan menyelesaikan regulasi untuk pelaksanaan Pilkades serentak itu. Setelah itu, mereka akan menyosialisasikan regulasi tersebut agar pelaksanaannya berlangsung sukses sesuai harapan. Pihak DPMD juga akan membentuk panitia pemilihan yang dilakukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing.

“Kemudian tahapan Pilkades akan dilanjutkan dengan pendaftaran pemilih, termasuk penetapan dan pengumuman daftar pemilih tetap. Lalu dilanjutkan penjaringan bakal calon, persiapan Pilkades, masa kampanye hingga hari pemilihan. Setelah itu laporan hasil pemungutan suara hingga penetapan dan pelantikan Kades terpilih,” jelasnya. Anggaran pelaksanaan Pilkades sudah disiapkan. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top