Ribuan Hektare Sawah di Mubar tak Dimanfaatkan – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Muna Barat

Ribuan Hektare Sawah di Mubar tak Dimanfaatkan

KENDARIPOS.CO.ID — Luasan sawah yang tersebar pada beberapa kecamatan di Kabupaten Muna Barat (Mubar) saat ini mencapai hingga 2.000 hektare. Sayangnya potensi lahan pertanian tersebut justru tak dimanfaatkan dengan maksimal sebagai sumber pangan daerah. Tak semua sawah di daerah otonomi baru tersebut dapat difungsikan.

Kepala Dinas Pertanian Mubar, Alibidin Fiihi mengaku, luasan sawah yang difungsikan petani hingga saat ini hanya mencapai 1.300 hektare. “Selebihnya menjadi lahan tidur atau tidak difungsikan,” ungkapnya saat ditemui, Selasa (19/9). Alibidin beralasan, tak dimaksimalkannya lahan persawahan tersebut karena sistem pengairan atau irigasi yang tidak ada sama sekali atau sudah mengalami kerusakan.

“Semoga ke depan, irigasi persawahan di Muna Barat mendapat perhatian dari pemerintah untuk dilakukan perbaikan. Agar sawah yang selama ini tak dimanfaatkan karena kekurangan air, dapat diolah kembali dan pendapatan masyarakat makin meningkat. Begitu juga dengan kebutuhan beras khususnya di wilayah Muna Barat dapat teratasi,” tandas Alibidin Fiihi. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top