Pariwara
Buton Tengah

Rancangan Sistem Transportasi Buteng Melibatkan UHO

MUHAMMAD YUSUF/KENDARI POS
Tim Tatralok dari UHO, Dr. Ir. La Baco bersama Wakil Bupati Buteng, La Ntau (tengah) dalam seminar awal, selasa(19/9)

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai otorita yang baru mekar dan mandiri, pemerintah kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) memaksimalkan pembangunan akses transportasi. Saat ini, Dinas Perhubungan sebagai instansi teknis menyusun dokumen potensi transpotasi dengan melibatkan tim ahli dari Universitas Halu Oleo (UHO).

Dengan melibatkan semua instansi terkait, Dishub melaksanakan seminar awal dengan tema tataran transportasi lokal (Tatralok) di aula kantor bupati Buteng, Selasa (19/9). Kadishub Buteng, Haruni mengatakan, sebagai daerah baru, sistem transportasi di wilayah itu cukup memprihatinkan. Makanya, Pemkab bekerja sama dengan UHO untuk memetakan moda transportasi yang sesuai kebutuhan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat.

“Dalam Tatralok ini, tim ahli perguruan tinggi akan melakukan survei, untuk kebutuhan moda transportasi yang efektif, seperti terminal, pelabuhan, termasuk kondisi jalan. Olehnya itu, kami melibatkan semua pihak terkait penyusunan Tatralok ini,” ungkapnya.

Ketua tim Tatralok dari UHO, Dr. Ir. La Baco, menjelaskan, isi dokumen terkait rencana induk untuk pengembangan jasa transportasi di wilayah Buteng. Pihaknya masih akan melakukan survei potensi moda transportasi yang efektif dan efisien untuk mendukung perkembangan Buteng ke depan.

“Kami juga akan mengkaji sarana prasarana yang mendukung perkembangan transportasi dengan bekerja sama lintas sektor, seperti Dinas PU, Dinas Pariwisata, Pertanian, Perikanan dan Peternakan,” jelasnya. Wakil Bupati Buteng, La Ntau yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, pemerintah berkewajiban menyusun rencana dan kebijakan serta mengendalikan hingga mengawasi perwujudan transportasi. Salah satu kebijakan yang dimaksud dengan menciptakan pelayanan jasa transportasi efektif dan efisien serta bersifat dinamis mengikuti perkembangan pembangunan.

“Keberadaan Tatralok ini akan menjadi pedoman dalam penentuan kebijakan pengelolaan dan pengembangan jasa transportasi. Pertumbuhan ekonomi Buteng akan dipengaruhi sistem transportasi yang ada,” terangnya. (b/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top