Kemenkeu Salah Transfer, Pemkab Kolaka Kembalikan Rp 32 M – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kolaka

Kemenkeu Salah Transfer, Pemkab Kolaka Kembalikan Rp 32 M

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolaka diminta mengembalikan anggaran yang telah ditransfer Kementreian Keuangan (Kemenkeu). Hal tersebut terjadi karena pihak Kemenkeu telah melakukan kesalahan transfer besaran dana bagi hasil (DBH) pada sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Kolaka.

“Kemenkeu telah mentransfer DBH yang lebih dari anggaran semestinya  ke Kolaka pada tahun 2014, 2015 dan 2016. Dari total kesalahan transfer tiga tahun tersebut, kami diminta mengembalikan sekitar Rp 32 miliar,” ungkap Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolaka, H. Poitu Murtopo saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/9).

Ia menjelaskan, kesalahan transfer tersebut baru diketahui pada tahun 2017 setelah pihak Kemenkeu mengirimkan surat dan meminta kelebihan dana yang ditransfer itu untuk segera dikembalikan. “Jadi kami tidak tahu kalau salah transfer, karena itu langsung masuk di rekening dan kesalahan seperti itu sebelumnya belum pernah terjadi,” tuturnya.

Poitu menjelaskan, kesalahan transfer tersebut tidak hanya dialami oleh Kolaka, tetapi juga beberapa kabupaten/kota lainnya. Kelebihan DBH yang dikembalikan nanti, akan disalurkan kepada daerah yang mendapat jatah kurang dari jumlah yang semestinya saat itu.
Poitu berjanji pihaknya akan menyelesaikan persoalan tersebut dengan berupaya mengembalikan kelebihan anggaran yang telah ditransfer tersebut. “Sesuai prosedur, ya harus dikembalikan. Makanya kami akan cicil dan di tahun ini kami sudah anggarkan di APBD-Perubahan sekitar Rp 3 miliar dan sisanya akan kami angsur sampai lunas,” imbuhnya. (b/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top