Seluruh Desa di Wakatobi Harus Punya Perpustakaan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Wakatobi

Seluruh Desa di Wakatobi Harus Punya Perpustakaan

KENDARIPOS.CO.ID — Sukses menjadi juara III pada klaster B tingkat nasional baru-baru ini, Perpustakaan Desa Sombu, Kecamatan Wangiwangi kini dijadikan sebagai percontohan. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wakatobi menginginkan seluruh desa yang ada membuat perpustakaan. Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud mengungkapkan alangkah baiknya jika 75 desa yang ada bisa dilengkapi dengan perpustakaan. Meski fasilitas masih terbatas, namun ia menyarankan agar Desa Sombu dijadikan sebagai percontohan sekaligus motivasi bagi desa lainnya dalam membangun perpustakaan.

“Desa Sombu saja bisa, kok yang lain tidak,” sindir Ilmiati, Senin (18/9). Meski demikian, ia menyadari memang tak mudah membangun sebuah perpustakaan. Sebab tak hanya di desa, Perpustakaan Daerah Wakatobi saja menurut dia masih belum maksimal baik fasilitas maupun pelayanan. “Tapi kalau desa-desa bisa contoh apa yang dilakukan pihak Desa Sombu saya kira pasti bisa,” tambah Ilmiati.

Sementara itu Kepala Desa Sombu, La Ndilu mengungkapkan pihaknya akan tetap mengembangkan perpustakaan di wilayahnya. Selain sebagai wadah membaca bagi pelajar, perpustakaan itu menyasar kalangan ibu rumah tangga. “Kita sudah dengar ada wacana semua desa diupayakan ada perpustakaannya. Alhamdulillah kita sudah ada meski masih banyak kekurangan. Akan terus dibenahi perlahan pada tahun berikutnya. Semoga bisa menjadi contoh buat desa-desa yang lain,” ungkap La Ndilu.

Sementara itu, setelah melakukan komunikasi yang baik dengan pihak pusat, Pemkab Wakatobi mendapatkan bantuan mobil perpustakaan. Pada bulan Oktober ini, penyerahan kunci kendaraan akan diterima langsung Bupati Wakatobi, H. Arhawi di Jakarta. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top