Warga Miskin Meningkat 20 Persen – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Warga Miskin Meningkat 20 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Kaum urban terus bertambah di Kota Kendari ini. Kehadiran mereka dari udik ke kota untuk mencoba peruntungan dan berniat merubah nasib. Namun hanya sebagian yang bisa melakukan perubahan itu. Sebaliknya, mereka yang kurang beruntung justru menambah deretan jumlah warga miskin di Kota Kendari.

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari merilis jumlah warga miskin meningkat 20 persen. Salah satunya penyebabnya adalah derasnya urbanisasi. “Padahal sebelumnya jumlah warga miskin yang terdata hanya sekira 70 ribu orang tahun 2015. Kini mencapai 100 ribu orang,” ujar Hamsir Madjid, Kepala Dinsos Kota Kendari di ruang kerjanya, Jumat (15/9).

Tren warga miskin menjadi 20 persen itu diperoleh Dinsos Kota Kendari dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Data tersebut akan divalidasi Dinsos. Nantinya, 50 persen warga miskin itu akan diberikan santunan. “Setelah kami validasi, warga miskin itu kami berikan bantuan berupa raskin, BPJS kesehatan dan beberapa program pemerintah lainnya,” ungkap Hamsir.

Hamsir Madjid menjelaskan tingginya angka urbanisasi dipicu minat para pendatang untuk mencari kerja di Kota Kendari. Penyebab lainnya adalah tingginya tingkat pengangguran dan para pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). “Tentunya ini menjadi tugas kami untuk menekan angka kemiskinan ini. Termasuk menekan angka urban,” kata Hamsir.

Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Kendari itu mengaku punya strategi untuk menekan urbanisasi yakni mengimbau seluruh masyarakat
agar lebih mengembangkan diri di desa saja. Karena untuk mencari pekerjaan di kota sangat sulit. Bahkan bisa terjerumus dalam godaan tindakan kriminal. “Dengan adanya dana desa (DD) seharunya tidak ada lagi urbanisasi karena tujuan DD itu adalah peningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa. Saya yakin kalau DD dikelola baik oleh pemerintah desa maka tidak akan ada lagi urbanisasi,” tutup Hamsir Madjid. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top