Pemkab Konsel Tabur Benih Pohon Untuk Rehabilitasi Hutan Kritis – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Tabur Benih Pohon Untuk Rehabilitasi Hutan Kritis

KAMALUDDIN/KENDARI POS Dirjen PDASHL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Hilman Nugroho saat menanam pohon didampingi Wabup Konsel, H. Arsalim Arifin, jumat(15/9)

KENDARIPOS.CO.ID — Air of Seeding (penaburan benih lewat udara) dilakukan pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) bersama Dinas kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Desa Lakomea, Kecamatan Landono, Jumat (15/9). Launching penaburan benih tersebut dihadiri langsung Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Dr. Hilman Nugroho.

Dalam sambutannya, Hilman Nugroho mengungkapkan, kegiatan launching air seeding tersebut adalah kali pertama dilakukan di Sultra. Penaburan benih lewat udara ini bertujuan untuk rehabilitasi hutan zona hutan kritis yang ada di Sultra.”Ada tiga daerah yang menjadi target kita dalam launching perdana ini yakni Kabupaten Kolaka Timur, Konawe dan Konawe Selatan. Karena tiga wilayah ini merupakan daratan tak terpisahkan dan kawasannya cocok untuk penaburan benih pohon ini,” ungkap Hilman Nugroho.

Jenis benih pohon yang ditabur yakni akasia, gmelina, kaliandra, sengon dan jenis pohon produktif lainnya. “Jutaan benih ini akan kita tabur pada tiga wilayah itu untuk tahap pertama. Penaburannya kita lakukan dua cara, yakni secara manual dan lewat udara. Dengan harapan lima tahun mendatang, bibit tersebut sudah tumbuh,” jelasnya. Sementara itu, Wakil Bupati Konsel, Dr. Arsalim Arifin yang turut hadir dalam kegiatan itu menjelaskan, di otoritanya, ada 11.468 benih pohon yang akan disebar.

“Dengan luas 900 hektare yang ditanam secara manual dan sisanya disebar lewat udara. Yang jelas, kawasan fungsi hutan di Konsel sekitar 51.250 hektare yang menjadi target kita dalam rehabilitasi hutan ini,” ungkapnya.

Konsel-2 ini menambahkan, sebagai upaya perbaikan kawasan hutan yang mengalami kerusakan pihaknya menyasar beberapa kawasan hutan yang masuk kawasan konservasi. “Apalagi wilayah kawasan banyak yang sudah tercemar. Lewat program ini kita coba bersinergi dengan pihak terkait,” tambahnya. Pihaknya juga akan berkerja sama dengan kepolisian dalam menjaga kelestarian hutan di Konsel. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top