Lembaga Pengadaan Sultra Masuk 10 Besar Nasional – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Lembaga Pengadaan Sultra Masuk 10 Besar Nasional

Roni Yakub

KENDARIPOS.CO.ID — Lembaga pengadaan barang dan jasa Sultra meraih pengakuan secara nasional. Bahkan masuk dalam 10 besar unggulan dari ratusan pemerintah daerah se-Indonesia. Legitimasi itu datang dari lembaga Millennium Challenge Account Indonesia (MCA-Indonesia) yang merilis Central of Excellent atau rangking unggulan dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah hingga Agustus tahun ini.

Pengadaan barang dan jasa Sultra meraih poin sempurna 100 persen. Dengan rangking tersebut, Sultra dipastikan akan kembali meraih penghargaan dari lembaga yang sudah bekerja sama dengan pemerintah pusat itu. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setprov Sultra, Roni Yakob mengungkapkan atas raihan prestasi itu membuat Sultra semakin dikenal sebagai pusat inovasi pengadaan. Berbagai hal seperti sarana, inovasi, percepatan, dan proses lelang yang tidak pernah ada masalah sudah berada diatas standar rata-rata nasional. “Juli lalu kita tidak bisa sampai 100 persen, hanya 95 persen. Tapi saat masuk Agustus langsung sempurna, 100 persen,” ujar Roni Yakob, Jumat (15/9).

Salah satu inovasi baru yang menyempurnakan sistem pengadaan di Sultra adalah hadirnya klinik pengadaan. Klinik itu berfungsi memperbaiki perusahaan-perusahaan “sakit” yang didominasi perusahaan lokal. “Kadang mereka tidak bisa bersaing dengan perusahaan lain karena masih banyak yang kurang. Itulah fungsinya klinik ini untuk kita bantu benahi. Nah setelah dievaluasi MCA-I kita naik jadi 100 persen karena hadirnya klinik itu. Belum cukup sebulan kita bentuk,” jelas Roni Yakob.

Masih kata mantan Pj. Bupati Muna Barat itu jumlah perusahaan “sakit” di Sultra mencapai 3000-an. Padahal, jika memenuhi syarat ikut lelang, perubahan lokal justru memiliki peluang lebih besar sebab mereka sudah menguasai medan pekerjaan di Sultra. “Tapi bukan kita yang cari. Mereka datang ke kita kalau mau diperbaiki, jadi kita ajarkan teknisnya,” ungkap Roni.

Roni menegaskan untuk mempertahankan capaian itu, Sultra berencana membangun kerja sama dengan Indonesian Corruption Watch (ICW) sebagai lembaga yang akan membantu mengawasi sistem lelang pemerintah. “Draf Memorandum of Understanding (MoU) kita sudah siap. Tinggal dikonsultasikan dengan Plt. Gubernur,” tambahnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top