Sudah Kumuh, Sampah Menumpuk, Kawasan Eks MTQ Baru Dibersihkan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Sudah Kumuh, Sampah Menumpuk, Kawasan Eks MTQ Baru Dibersihkan

Personel Satpol PP Sultra membersihkan kawasan eks MTQ. Puing-puing bangunan kayu bekas stan Expo Halo Sultra dibersihkan, Kamis (14/9). Foto : ELYN IPO / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Tumpukan sampah di seputar menara eks MTQ akhirnya mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Sultra. Puluhan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sultra, Kamis (14/9) dikerahkan membersihkan kawasan yang pernah digunakan untuk gelaran Expo HUT Sultra.

Kepala Satpol PP Sultra, Bustam menjelaskan selama ini masyarakat berpendapat bahwa kumuhnya kawasan MTQ adalah kelalaian mereka dalam menata kawasan itu. Padahal, mereka sudah berupaya maksimal sesuai dengan kemampuan personel dan finansial. “Personel kita berapa sih, sementara kawasan MTQ ini luasnya sekira 18 hektare,” ujar Bustam disela-sela aksi bersih-bersih.

Selain itu, tidak ada anggaran di instansinya untuk pembersihan kawasan MTQ. Sementara untuk urusan itu, bukan hanya personel yang diberi jatah makan tetapi alat dan fasilitas pembersihan perlu dibiayai. “Contohnya, saya pinjam mobil Dinas PU untuk angkut sampahnya, saya harus beli solar, uang makan anak-anak (personel Satpol PP) kita ngutang juga,” lanjutnya.

Mantan Kepala Dinas PU Kolaka Utara ini mengaku dirinya tidak bisa berbuat banyak, sebab ada instruksi pimpinan yang sudah menjadi kewajibannya. “Saya lapor ke Sekda dan Plt. Gubernur Sultra bahwa ini sulit kita lakukan semuanya, tapi kita diperintahkan untuk bersabar. Alhamdulillah anak buah saya juga mau kerjakan ini,” tukas Bustam.

Bustam menyesalkan kebijakan memungut sumbangan untuk kebersihan dianggap pungli oleh sebagian pihak. Padahal jika itu tidak dipermasalahkan maka bisa menjadi tambahan anggaran untuk menata MTQ karena itu tak masuk dalam APBD selama ini. Terlebih lagi, masih kata Bustam, pengelolaan kawasan MTQ itu belum jelas diserahkan kepada instansi apa. Sebab semua SKPD bertanggung jawab di dalamnya. Karena semua SKPD punya stan bekas kegiatan Halo Sultra yang oleh gubernur dicanangkan sebagai tempat wisata kuliner. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top