Ratusan Mahasiswa Unsultra Ikut Pendidikan Karakter – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Ratusan Mahasiswa Unsultra Ikut Pendidikan Karakter

Mantan Rektor UHO, Prof Usman Rianse saat memberikan kuliah umum dihadapan Maba Unsultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Tradisi pelonco dalam penerimaan mahasiswa baru sudah tidak relevan lagi. Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) berkomitmen mengikis tradisi yang mengandung unsur perundungan tersebut. Sebagai gantinya, Unsultra di bawah kendali Prof Andi Bahrun menggelar pendidikan karakter. Beberapa pemateri yang sangat kapabel diundang dalam forum bernuansa akademik itu. Ada mantan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof Usman Rianse, Prof Mahmud Hamundu, Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin dan Riha Mady dari Forum Kordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Sultra.

Dihadapan 750 mahasiswa baru Unsultra tahun akademik 2017/2018, Prof Usman Rianse yang mengulas materi mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Menurutnya, menjadi orang yang bermanfaat itu bukan dengan menyusahkan orang lain. Manusia hebat dapat diukur seberapa besar manfaatnya kepada orang lain atau lingkungannya. “Masa depan setiap orang tergantung orang itu sendiri, dan masa depan itu adalah pilihan kita sendiri. Jadi kalau mau masa dengan yang baik dan sukses maka persiapkannya mulai hari ini,” ujar Usman Rianse, Kamis (14/9).

Ditempat yang sama, Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun menjelaskan pendidikan karakter ini sudah menjadi agenda rutin setiap penerimaan mahasiswa baru. Kali ini merupakan tahun ketiga digelar. “Tentunya dengan kegiatan ini kami berharap tradisi kekerasan dalam penerimaan mahasiswa baru tidak ada lagi. Kami ganti dengan forum ilmiah seperti ini,” ujarnya.

Rektor Unsultra menjelaskan pemerintah menaruh harapan besar kepada kampus-kampus untuk membantu penanggulangan terorisme, sehingga pihaknya menghadirkan pemateri yang membidangi hal tersebut. Prof Andi Bahrun berharap melalui pendidikan karakter ini, mahasiswa Unsultra dapat lebih berkualitas di segala bidang. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top