PT Taspen Sosialisasi Layanan Pensiun di Pemkab Mubar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna Barat

PT Taspen Sosialisasi Layanan Pensiun di Pemkab Mubar

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mempermudah pelayanan dana pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS), PT Taspen lakukan sosialisasi di lingkup pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar), Kamis (14/9). Kepala Seksi Pelayanan Manfaat bagi Pensiun, Muslimin menjelaskan, sosialisasi tersebut bertujuan memberikan pemahaman agar mempermudah pengurusan saat PNS di Mubar sudah resmi purnatugas.

“Jadi kita berikan pemahaman tentang hak dan kewajiban dalam meningkatkan pelayanan pada PNS. Ketika mencapai usia pensiun tidak perlu lagi datang di Taspen, tinggal berurusan di BKD. Nanti di sana ditentukan pencairan dananya lewat bank apa. Setelah itu pihak bank akan menyampaikan pada Taspen,” jelasnya, kamis(14/9).

Ia menjelaskan, program tabungan hari tua dan program pensiun sudah tertulis dalam peraturan pemerintah nomor 25 tahun 1981 tentang asuransi sosial pegawai negeri sipil, khususnya pada pasal 1. “Iuran bagi PNS yang telah mencapai usia pensiun sebanyak 10 persen dari gaji pokok.

Jadi 10 persen itu terbagi tiga. 2 persen masuk di Askes, 3,25 persen untuk tunjangan hari tua dan 4,75 persen untuk gaji pensiun yang diterima setiap bulan dengan sumber anggaran tambahan dari APBN,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, untuk memperoleh hak pensiun dan masuk dalam peserta program, maka setiap bulan diwajibkan membayar iuran sebesar 4,75 persen dari gaji pokok. “Itu sudah diatur dalam keputusan presiden nomor 8 tahun 1977 dan peraturan oemerintah nomor 25 tahun 1981,” tandas Muslimin. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top