Sukseskan Pilkada, KPUD Konawe Gandeng Kejari – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Politik

Sukseskan Pilkada, KPUD Konawe Gandeng Kejari

Plh Kejari Konawe, M. Zuhri dan Ketua KPUD Konawe, Sarmadan (putih) bersalaman usai meneken MoU.

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk menciptakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang berkualitas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) di aula Kejari Konawe, Kamis (14/9). Penandatanganan Nota kesepakatan bersama itu menyangkut penanganan masalah hukum, bidang perdata dan tata usaha negara antara Plh Kejari Konawe, M. Zuhri dan Ketua KPUD Konawe, Sarmadan.

Ketua KPUD Konawe, Sarmadan mengapresiasi atas terlaksananya penandatanganan MoU. Kerjasama ini diharapkan mampu melahirkan pilkada dengan kualitas, berdasarkan aturan-aturan yang berlaku. “MoU ini merupakan salah satu wujud kerjasama antar lembaga pemerintah. Ini sangat baik dan sehat untuk hubungan antar lembaga ke depannya,” ujarnya.

Sarmadan mengaku merasa beruntung dengan adanya MoU tersebut. Pasalnya, segala bentuk kegiatan mereka dengan Kejaksaan sudah mempunyai dasar hukum. “Apabila ada kendala perdata tekait penggunaan anggaran yang masih meragukan, kami bisa segera berkonsultasi. Kami juga bisa mengerti bahwa tugas jaksa selain menjadi penuntut umum, bisa juga sebagai pengacara negara. Ke depannya, ketika ada gugatan kami bisa berkonsultasi untuk mendapatkan bantuan hukum, kami tidak susah lagi jauh mencari bantuan, karena kami sudah bekerjasama dengan kejaksaan,” terangnya.

Sementara itu, Plh. Kejari Konawe, M. Zuhri mengatakan kejaksaan mempunyai tugas sebagai penegakan hukum, bantuan hukum dan pelayanan hukum. Dengan adanya MoU ini, KPU memberi kuasa kepada kejaksaan untuk mengawal bidang perdata dan tata usaha, atau administrasi KPU selama Pilkada. “Kalau ada kendala perdata, KPU bisa konsultasi. Jika digugat, kami akan mewakili untuk menjawab gugatan tersebut. Begitu juga sebaliknya kalau KPU mau menggugat, kami bisa mewakili,” jelasnya.

Lanjut dia, jaksa hanya akan bertindak mewakili pemberi kuasa yakni KPU, bertindak profesional dan siap berkompetisi dengan pengacara swasta. “Baiknya, kami di kejaksaan tidak mengenal lawyer fee atau honor dari pemberi kuasa. Kami juga tidak akan mundur walaupun kami sudah tahu bakal kalah. Selain itu, kami tidak bermata dua atau mewakili dua orang yang bisa menyebabkan berkonflik. Nah, ke depannya kami harapkan kerjasama yang baik dari KPU juga,” pungkasnya. (b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top