Muna Minim Armada Pengangkut Sampah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna

Muna Minim Armada Pengangkut Sampah

MUHAMMAD ERY/KENDARI POS
Kondisi truk pengangkut sampah milik BLHKP Muna yang sudah tak layak operasi.

KENDARIPOS.CO.ID — Armada pengangkut sampah milik Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Kabupaten Muna, memprihatinkan. Dari tujuh unit yang beroperasi, hanya dua alat angkut yang dianggap layak mengatasi sampah di kota Raha. Sementara lainnya sudah tak memadai lagi. Selain, kondisi mesin sering mengalami kerusakan, bak sampah juga sudah dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Meski begitu, instansi terkait tetap memaksa untuk mengoperasikan angkutan tersebut. Minimnya anggaran yang digelontorkan pemerintah menjadi kendala. BLHKP juga tak bisa berbuat banyak jika tak ada atensi dari pihak terkait. “Beginilah kondisi mobil yang ada. Bak sampahnya sudah mulai bolong-bolong,” aku Hadait Imbu, Kabid Kebersihan sambil menunjukkan kondisi bak sampah truk, di pelataran kantor BLHKP Muna, Kamis (14/9).

Makanya, saat petugas kebersihan melakukan pengangkutan, sampah selalu keluar dari bak truk. “Kalau saat kita jalan, kadang hanya ranting-ranting saja yang terangkut. Jadi kondisi ini harus jadi perhatian,” harapnya. Hadait mengaku, dalam draf anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2017, pihaknya mengusulkan pengadaan empat unit mobil pengangkut sampah. Soal disetujui atau tidak, ia menyerahkan sepenuhnya pada pemerintah. Sebab tak ada alternatif lain dalam mengatasi sampah di Muna. Itu pun, jumlah tersebut belum bisa mengatasi volume limbah yang cukup banyak. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top