Minim Peminat, Sastrawan di Indonesia Terancam …. – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Minim Peminat, Sastrawan di Indonesia Terancam ….

KENDARIPOS.CO.ID Minimnya minat pelajar terhadap kesusatraan Indonesia membuat jumlah sastrawan hanya 100. Sastrawan di Indonesia terancam makin terkikis karena tidak ada generasi penerus.
Hal ini terungkap dalam Seminar Antarbangsa Kesusastraan Asia Tenggara (SAKAT) garapan Kemendikbud yang ditutup hari ini, Selasa (12/9).

“Saya prihatin melihat perilaku generasi muda yang lebih bangga mempelajari kesusastraan asing. Mereka senang membaca karya novelis asing,” kata Direktur Komersial Balai Pustaka (BP) Achmad Fachrodji.

Dia mengaku prihatin karena para pelajar justru berlomba-lomba berkutat dengan bahasa asing. Padahal, pemerintah terus berupaya menduniakan bahasa Indonesia.

“Kesusastraan harus masuk kurikulum karena selama ini hanya sisipan. Demikian juga buku-buku bacaan sebaiknya berbau sastra. Jangan buku umum,” terangnya.

Upaya BP menarik minat pelajar dan generasi muda mencintai sastra Indonesia adalah dengan menyajikannya dalam konteks kekinian. “Kami membuat sinetron Layar Terkembang ala kekinian. Tayangannya menunggu momen yang tepat. Ada juga film layar lebar Siti Nurbaya yang mulai shooting di Minangkabau. Selain itu ada pustaka digital, audio book dan lainnya,” katanya. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top