Kolaka Timur Butuh 36 Panwascam – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Politik

Kolaka Timur Butuh 36 Panwascam

KENDARIPOS.CO.ID — Menghadapi pemilihan gubernur (pilgub) 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kolaka Timur (Koltim) akan memperkuat pengawasan di tingkat kecamatan. Untuk itulah, Panwaslu Koltim akan merekrut Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Proses pendaftarannya telah dibuka sejak tanggal 13 September lalu.

Ketua Panwaslu Koltim, Rusnyati Nur Ratibe mengatakan sebanyak 36 Panwascam akan direkrut untuk memantau tiga event besar pesta demokrasi yaitu, Pilgub, Pilpres dan Pilcaleg. Mereka akan disebar di 12 kecamatan. Yang mana, setiap kecamatan akan ditempatkan tiga orang Panwascam.

Seleksi Panwascam kata dia, cukup ketat. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan Pilgub dan Pemilu benar-benar berlangsung adil dan fair. Makanya, calon Panwascam harus memahami aturan Pemilu. Selain kompetensi, mereka harus integritas. Bagi yang berminat bisa mendaftar diri. Pasalnya, batas waktu pendaftaran hanya sampai tanggal 23 September 2017.

“Setiap jawaban peserta akan diperiksa secara terbuka dihadapan tim penguji. Jadi sulit merekayasa. Selain itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra juga turut mengawasi. Bila ada rekayasa maka akan ketahuan. Seleksi Panwascam akan dilakukan dalam dua tahapan yakni tes tertulis dan wawancara,” papar Rusnyati, Kamis (14/9).

Setelah seleksi Panwascam kata dia, akan dilakukan perekrutan terhadap panitia pengawas pemilu desa serta pengawas di tempat pemungutan suara (TPS). “Mudah-mudahan bisa berjalan lancar. Hasil seleksinya ini bisa meloloskan Panwascam yang punya integritas dan memiliki komitmen,” pungkasnya. (b/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top