17 Mahasiswa IAIN Dapat Beasiswa Tahfizh – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

17 Mahasiswa IAIN Dapat Beasiswa Tahfizh

KENDARIPOS.CO.ID -Program beasiswa khusus penghafal Quran yang dikembangkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, rupanya menarik perhatian mahasiswa. Buktinya, sebanyak 26 peserta berkompetisi dalam rangkaian seleksi tahap pertama sampai tahap kedua yang dimulai sejak Juni-September. Hasilnya, 17 mahasiswa dinyatakan lolos setelah melewati proses yang cukup berat.

Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim menuturkan, dengan program beasiswa Tahfizh dan pembinaan hafizh sekaligus hafizah secara berkelanjutan, jelas mampu mencetak generasi muda cinta Alquran. Selain melahirkan generasi penghafal yang handal dan mampu bersaing dalam kompetisi resmi.

“Seperti perhelatan pekan ilmiah, olahraga, seni dan riset (Pionir) yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Agama RI,” ujarnya.

Sejatinya, seleksi penerima Beasiswa Hafizh tahap pertama yang diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 2016 ke bawah, sudah dilaksanakan pada bulan Juni lalu dengan jumlah peserta sebanyak 14 orang. Sedangkan seleksi tahap dua khusus untuk mahasiswa baru tahun ini, yang dihelat Rabu (6/9) pekan lalu. Jumlah peserta sebanyak 12 orang.
“Kedua tahap seleksi terbagi dalam 3 kategori hafalan, yakni hafalan 5, 10, 20 dan 30 juz,” sambungnya.

Tim penguji kualitas hafalan terdiri dari H. Abdul Muis Lc, MThI, H. Danial, Lc, MThI dan Akbar, MThI. Bocorannya, kriteria penilaian terbagi dalam qira’ah, tajwid dan fashahah. Dari kedua tahap seleksi, tim menetapkan 17 orang yang dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan Beasiswa Tahfizh dan pembinaan selama setahun. Pengumuman resmi hasil seleksi ini telah dipublikasi pada hari pekan lalu.

Bagi 17 mahasiswa yang lolos, Rektor IAIN Kendari ini berharap dapat menjadi ikon IAIN Kendari sebagai perguran tinggi agama Islam negeri satu-satunya di bumi anoa. Bahkan, mahasiswa lain pun termotivasi untuk ikut dalam pembinaan.

Ia juga mengimbau, mahasiswa non penerima Beasiswa Tahfizh juga dapat mengikuti program pembinaan yang diikuti oleh mahasiswa penerima beasiswa. Cukup dengan mengajukan permohonan pada tim pembina yang sudah dibentuk. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top