SKPD se-Sultra Dilatih Kelola Simda di Konawe – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

SKPD se-Sultra Dilatih Kelola Simda di Konawe

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kiri) mengalungkan tanda peserta pelatihan Simda se-Sultra, rabu(13/9)

KENDARIPOS.CO.ID — Kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur pemerintahan dalam mengelola sistem keuangan di wilayah kerja masing-masing semakin ditingkatkan. Seluruh perangkat pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di pemerintahan se-Sulawesi Tenggara (Sultra) dilatih mengelola sistem informasi manajemen keuangan daerah (Simda) sejak tanggal 12 sampai 16 September mendatang, oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra, bekerjasama dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe, Ferdinand mengungkapkan, pihaknya menjadi tuan rumah penyelenggara pelatihan dan workshop sesuai nota kesepahaman tentang pengembangan Simda, ditindaklanjuti dengan pakta komitmen peningkatan opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Kita mengumpulkan pegawai di suatu tempat, bisa hotel atau ruang rapat lainnya untuk bekerja secara intensif, harus selesai dan tidak dapat dikerjakan di kantor, serta dilarang meninggalkan tempat kerja selama kegiatan berlangsung. Kegiatan tersebut diikuti 17 kabupaten kota dan pemerintah provinsi,” terangnya, Rabu (13/9).

Pelatihan itu sendiri bertujuan menata laporan keuangan daerah. Setiap daerah menitipkan beberapa instansi yang terlibat seperti pengelola keuangan, Bappeda dan Inspektorat. “Diharapkan, konsinyering Simda ini dapat membantu seluruh pemerintah daerah dalam menghasilkan laporan keuangan yang relevan, cepat, akurat, lengkap dan dapat diuji kebenarannya,” jelas Ferdinand.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa yang turut hadir membuka acara tersebut menyampaikan, kualitas laporan keuangan saat ini diukur berdasarkan perolehan opini WTP dari BPK RI. Untuk kegiatan pelatihan itu diharapkan dapat menghasilkan LKPD berkualitas, sehingga semua daerah di Sultra bisa memperoleh opini baik.

“Akan tetapi, WTP bukan tujuan akhir kita. Saya mengingatkan, laporan keuangan berkualitas tidak berujung pada WTP, tapi akan menjadi sumber informasi yang strategis dalam pengambilan keputusan. Misalnya di Konawe, saya menilai sudah ada manfaat bagi perkembangan perekonomian, pelayanan umum dan tata kelola keuangan yang baik,” pungkasnya.(c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top