Paling Konsisten, SDN 12 Baruga Raih Predikat Sekolah Terbaik – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Paling Konsisten, SDN 12 Baruga Raih Predikat Sekolah Terbaik

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Waktu istirahat dimanfaatkan siswa kelas IV SD 12 Baruga untuk berbincang dengan wali kelasnya, Rabu (13/9).

KENDARIPOS.CO.ID — Pekan lalu adalah momen paling istimewa bagi SDN 12 Baruga atau SD Kuncup Pertiwi. Pasalnya, di Malam Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar), predikat sekolah terbaik disematkan pada sekolah tersebut. Lembaga pendidikan ini, dinilai paling konsisten mengirimkan delegasi dan selalu berhasil masuk 5 posisi teratas, khususnya jenjang Sekolah Dasar (SD).

Kepala SDN 12 Baruga, Hj Srinarti, S.Pd., mengapresiasi penghargaan atas sekolah yang dipimpinnya. Katanya, sejak lama SDN 12 Baruga memang telah menerapkan sistem yang cukup unik untuk pembinaan prestasi siswa. Yang mana, bukan hanya guru pembina yang turun tangan membantu siswa saat hadapi kompetisi, namun lebih dari itu, orang tua pun dilibatkan.

“Keduanya saling berkoordinasi. Guru membina di sekolah sedangkan orang tua mengambil alih di rumah,” tuturnya.

Sistem unik diberlakukan dengan pertimbangan, siswa tak berada di sekolah sepanjang waktu. Makanya, sinergi dengan orang tua pun dibangun dengan sangat baik. Istimewanya, para orang tua memberi respon yang sangat positif. Jika ditarik lebih jauh, SDN 12 Baruga sejatinya sudah mulai berpartisipasi dalam Kuis Kihajar sejak pertama kali digelar. Dalam menjaring bibit unggul, pengkaderan mulai massive sejak siswa duduk di kelas empat berlanjut ke pembinaan intensif saat yang bersangkutan duduk di kelas lima. “Kami tugaskan 2 guru pembina khusus yang membimbing mereka secara intensif,” sambungnya.

Ia berpesan agar siswa terus melatih kemampuan dan jangan pernah berhenti belajar karena itu kunci utama, selain tidak cepat puas dengan apa yang sudah dicapai. Kendatipun tahun ini siswanya belum tembus seleksi tingkat provinsi, namun ia harap ke depan posisi itu akan kembali direbut. Kepala Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Sultra, H Munir Herman MPd. mengatakan, dengan Kuis Kihajar siswa lebih terlatih dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang berbasis penguasaan teknologi dan informasi. Apalagi, era globalisasi menuntut persaingan ekstra di lintas negara. Tidak melek teknologi sama dengan ketinggalan. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top