Membahayakan Penerbangan, AirNAV Minta Penjaja Laser Pointer Ditertibkan – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Membahayakan Penerbangan, AirNAV Minta Penjaja Laser Pointer Ditertibkan

KENDARIPOS.CO.ID — Penjaja laser pointer saat ini banyak ditemukan disudut-sudut jalan. Di Kota Kendari beberapa titik, banyak pedagang memajang alat yang mengeluarkan cahaya merah dan hijau itu. Fungsi sebenarnya hanya alat fokus pencahayaan yang biasa digunakan untuk presentasi atau kegiatan olahraga dan militer. Namun pada perkembangannya, alat ini dianggap sebagai jenis mainan anak-anak. Sehingga dijual dengan harga terjangkau.

Hanya saja, selain fungsi-fungsi positif itu laser pointer juga bisa berdampak negatif bahkan mengancam ratusan nyawa sekaligus. Sebab, sinar laser bisa membahayakan penerbangan bila sampai mengenai pesawat. General Manager AirNav Indonesia Cabang Pratama Kendari, H. Rudy Kusriadi mengatakan laser pointer sangat membahayakan penerbangan. Beberapa kali pilot yang hendak mendaratkan pesawat ke Bandara Haluoleo Kendari mengeluhkan adanya sinar laser yang mengganggu konsentrasi. “Pilot sendiri yang mengeluhkan itu, karena sinar laser itu bisa sampai ke pesawat dan mengganggu, bisa membahayakan pesawat saat berada di udara,” ujar Rudy Kusriadi, Rabu (13/9).

Penglihatan pilot kata dia bisa terganggu, karena cahaya laser itu bisa merusak retina mata. Bahkan dibeberapa kasus di luar negeri ada pilot yang buta karena terkena laser itu. “Di Kendari belum ada. Tapi tentu kita berharap jangan ada. Ini benar-benar ancaman kalau semua pihak menyadarinya,” ungkap Rudy.

AirNAV sudah menyampaikan kondisi itu ke pihak kepolisian Kendari. Harapannya pedagang laser pointer itu bisa ditertibkan. “Mereka dagangnya malam, sementara malam hari itu ada pesawat yang terbang atau akan mendarat. Kita minta supaya ditertibkan (penjualnya),” katanya. Masih kata Rudi, selain penjualnya, pemakai laser ini juga harus memanfaatkan laser sesuai dengan peruntukannya. “Karena kan banyak fungsinya, yang penting digunakan untuk keperluan positif saja,” pungkasnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top