21 Desa di Konsel Belum Selesaikan LPj, Pencairan DD Tahap II Terhambat – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Selatan

21 Desa di Konsel Belum Selesaikan LPj, Pencairan DD Tahap II Terhambat

KENDARIPOS.CO.ID — Para kepala desa (Kades) di Konawe Selatan (Konsel) yang sudah menyelesaikan laporan pertanggungjawaban (LPj) pengelolaan anggarannya, siap-siap menanti pencairan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahap II. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konsel, I Putu Darta MT yang ditemui menjelaskan, pihaknya menargetkan akhir September 2017 ini ADD dan DD tahap II sudah dapat direalisasikan.

Ia mengaku, seharusnya penyaluran DD yang tersisa 40 persen itu sudah berjalan di awal September. “Namun masih terdapat 21 desa dari 336 wilayah di Konsel yang belum menyetor LPj tahap pertama. Kami sudah menyampaikan secara tertulis bahkan menjemput ke desa yang bersangkutan,” jelasnya, Rabu (13/9).

Mantan Kepala Dinas Perizinan Konsel ini menjelaskan, pencairan dana harus dilakukan secara kolektif. Sehingga jika masih ada beberapa desa yang belum melengkapi LPj, maka dapat menghambat desa lainnya. “Info yang kami terima, mereka terlambat menyelesaikan pekerjaan karena musim hujan. Sementara kegiatan fisiknya harus dilaporkan. Kalau masih belum selesai sesuai batas waktu, maka terancam kena penalti,” ancam Putu.

Ia menyebut, 21 desa yang belum tuntas itu paling banyak berada di Kecamatan Angata. “Diantaranya Desa Puusanggula, Sandey, Teteasa dan Lamooso. Kita harapkan harus tuntas sebelum akhir September. Dana desa tahap II sudah siap. Besarannya 40 persen dari total dana desa sebesar Rp 325 miliar. Tahap pertama 60 persen dicairkan. Jadi sekarang, rata-rata perdesa sekitar Rp 400 juta,” rincinya. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top