Nelayan Busel Terima Santunan Asuransi  – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Buton Selatan

Nelayan Busel Terima Santunan Asuransi 

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Kelautan dan Perikanan menyiapkan dana asuransi bagi nelayan yang mengalami insiden dan kecelakaan saat beraktivitas. Sehingga, jika terjadi resiko kecelakaan kerja maka pihak keluarga korban tidak lagi terbebani dengan biaya pengobatan. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Buton Selatan (Busel), Heru Sungkowo mengatakan asuransi nelayan yang diprogramkan pemerintah sangat membantu masyarakat. “Setiap nelayan akan mendapat dana kompensasi dari asuransi nelayan itu,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (12/9).

Ia menjelaskan, besaran biaya asuransi yang disiapkan bagi korban  bervariasi. Untuk nelayan yang mengalami kecelakaan dan meninggal di laut mendapatkan santunan hingga Rp 200 juta. Sementara bagi nelayan yang kecelakaan dan meninggal dunia di darat disantuni Rp 150 juta. “Nelayan yang cacat tetap mendapat santunan Rp 100 juta. Kemudian bagi nelayan yang sakit, mendapatkan biaya sesuai kebutuhan yang tertera dalam tagihan pengobatan rumah sakit. Disiapkan sampai dengan Rp 20 juta,” sambungnya.

Meski pemerintah telah menyiapkan asuransi, setiap korban harus benar-benar tercatat dengan menunjukan kelengkapan administrasi sebagai seorang nelayan. “Yang mendapatkan biaya asuransi harus benar-benar berprofesi sebagai nelayan. Makanya, saat berurusan di DKP harus memiliki administrasi lengkap. Seperti kartu nelayan, kartu tanda penduduk dan kartu keluarga. Kemudian diperkuat dengan surat pengantar dari kepala desa yang membenarkan bahwa yang bersangkutan benar-benar seorang nelayan dan tinggal di desa tesebut,” terang Heru.

Ia menambahkan, untuk pencairan dana asuransi, tidak terlalu lama. Heru memberi contoh, seorang nelayan yang meninggal dunia saat melaut pada Juli 2017 lalu. “Proses pencairan dana asuransi hanya butuh tiga minggu. Setelah itu langsung diserahkan pada keluarga korban sebesar Rp 200 juta tanpa potongan,” tandasnya. (c/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top