KKN-PPM UHO di Konsel Berakhir – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

KKN-PPM UHO di Konsel Berakhir

Tim KKN-PPM UHO for Kendari Pos
Mahasiswa KKN-PPM saat membersihkan pelataran Balai Desa Abeko, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konsel.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah sebulan lebih mengabdikan diri untuk masyarakat, kini waktunya tim Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Halu Oleo (UHO) undur diri. Acara perpisahan yang cukup manis mewarnai Desa Abeko, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) pada pekan lalu.

Ketua Tim KKN-PPM, Abdul Rachmad Masumi mengatakan, program yang berlangsung di minggu keenam adalah persembahan terakhir dari seluruh program yang telah dihelat sejak minggu pertama, dipandu beberapa dosen pembimbing yakni Sapto Raharjo, M.Si., dan dr. I Putu Sudayasa, M.Kes. Sejatinya, KKN-PPM UHO melibatkan mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Kimia dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

“Lomba-lomba kita pusatkan di halaman rumah ibu kades sedangkan gotong royongnya di gerbang masuk desa dan balai desa, lanjut pemasangan batas-batas dusun, TPU desa Abeko, TK Nurzakiah dan TK Nur Aqilah. Bahkan, warga Desa Abeko pun membersihkan di sekitar rumahnya masing-masing,” urainya.

Tim KKN-PPM juga menggelar lomba azan tingkat SD, hafalan surah tingkat SD putra dan putri, lomba balap karung tingkat TK dan SD putra putri serta lomba makan kerupuk tingkat TK dan SD putra putri. Semuanya diarahkan ke pengembangan potensi anak untuk memupuk rasa percaya diri, selain mengajarkan kepada mereka untuk menerima kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada. Banyaknya jumlah pendaftar adalah bukti bahwa mereka sangat antusias berkompetisi secara sehat.

“Tapi yang jauh lebih utama adalah hubungan silahturahmi dengan masyarakat dan anak-anak Desa Abeko terjalin sangat erat,” tambahnya.

Selain itu, TIM KKN-PPM juga melaksanakan gotong royong pada Sabtu (12/9) lalu. Kegiatan ini diharapkan kian memupuk kedekatan emosional antara masyarakat dengan para mahasiswa. Kepala Desa Abeko, Gusniatin mengapresiasi kehadiran tim KKN-PPM di desanya.”Gotong royong mencerminkan rasa kebersamaan yang tumbuh dan menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. Manfaatnya terlihat jelas dengan makin tingginya jiwa sosial,” tutupnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top