DOB Berpeluang Rekrut CPNS, Kemenpan RB Tunggu Anjab dan ABK-nya – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

DOB Berpeluang Rekrut CPNS, Kemenpan RB Tunggu Anjab dan ABK-nya

KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di daerah hingga kini belum jelas. Selama dua tahun ini, pemerintah hanya fokus merekrut abdi negara di instansi vertikal dan lingkup kementerian saja. Padahal, kalau melihat kondisi beberapa daerah, terutama yang masih berstatus daerah otonomi baru (DOB), sangat membutuhkan.

Kepala Biro Humas KemenPAN-RB, Herman Suryatman mengatakan, belum ada rencana penerimaan CPNS di daerah. Menurutnya, ada beberapa pertimbangan sehingga penerimaan abdi negara masih dikhususkan untuk instansi pemerintah pusat saja dulu. “Sekarang fokus instansi vertikal dan kementerian dulu,” ujar Herman di Jakarta, Selasa (12/9).

Herman mengakui kalau ada beberapa daerah, khususnya yang berstatus DOB membutuhkan tambahan PNS. Hanya saja, yang benar-benar membutuhkan sekali saja yang dibuka penerimaan CPNS. “Seperti Kalimantan Utara itu sudah dibuka (rekrutmen CPNS,red). Daerah itu berstatus DOB, situasinya memang sangat mendesak untuk merekrut tambahan pegawai,” jelasnya.

Di Sultra, ada beberapa daerah berstatus DOB, seperti Buton Tengah, Buton Selatan dan Muna Barat. Namun, Herman mengaku masih menunggu analisa jabatan (Anjab) dan analisa beban kerja (ABK)-nya, tidak hanya di Sultra tapi juga daerah lain. “Untuk Sultra saya tidak hafal betul datanya. Namun, kalau memang sangat butuh, maka berpeluang juga membuka rekrutmen CPNS,” jelasnya.

Sejauh ini, lanjut dia, DOB kabupaten/kota masih bisa menggunakan sumber daya yang terdapat pada daerah induk sebelumnya. “Berbeda jika dibandingkan dengan Kalimantan Utara. Sebuah provinsi memang membutuhkan sumber daya yang cukup tinggi sehingga dibuka penerimaan CPNS tersebut. Sementara untuk DOB kabupaten/kota masih bisa menggunakan sumber daya yang ada di induk sebelumnya. Kecuali memang kalau rasionya tidak lagi memungkinkan, maka bisa merekrut,” tuturnya.

Soal kepastian kapan penerimaan CPNS di daerah, Herman juga tidak dapat menjelaskannya secara gamblang. “Hingga kini belum ada pembicaraan khusus terkait dengan penerimaan CPNS di daerah. Tapi jika saatnya tiba pasti kita akan umumkan jauh sebelumnya. Untuk itu kita berharap, jika daerah belum menuntaskan Anjab dan ABK kita harap segera diselesaikan agar dalam pengusulan kita tahu urgensinya, kenapa harus dilakukan penerimaan tersebut,” imbuhnya. (b/yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top