Dana BOS Siap Dicairkan, BPKAD Tunggu Usulan dari Dikbud Sultra – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Dana BOS Siap Dicairkan, BPKAD Tunggu Usulan dari Dikbud Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan dua dipastikan molor dari jadwal semula. Seharusnya dana BOS triwulan kedua sudah diterima pihak sekolah pada Juli-Agustus lalu. Namun faktanya dana ratusan miliar rupiah itu masih mengendap di kas daerah. Sama halnya pada triwulan pertama, pencairannya baru dilakukan April.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra, Hj.Isma membenarkan potensi molornya proses pencairan. Kata dia, dana BOS untuk triwulan dua sudah siap sejak Mei lalu. Namun, dana itu tidak bisa dicairkan sebelum pengelola anggaran mengusulkan permintaan. “Kalau uangnya sudah ada. Sejak bulan Mei sudah masuk. Tapi Dikbud Sultra belum meminta,” ujar Hj.Isma, Selasa (12/9).

Mantan Kepala BPKAD Konsel itu mengaku tak ingat jumlah detail anggaran BOS itu. Yang jelas dananya sudah tersedia dan tinggal menunggu SK pencairan dari Gubernur Sultra. “Kalau sudah masuk usulan, maka akan di SK-kan. Setelah itu, dicairkan ke sekolah-sekolah, kita juga maunya cepat. Tapi mekanismenya sudah seperti itu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dikbud Sultra, Damsid mengatakan pencairan dana BOS triwulan dua hanya bisa dilakukan jika laporan realisasi dana BOS triwulan satu sudah rampung. Tanpa itu, maka dokumen administrasi dianggap tidak lengkap. “Saya kan sudah sampaikan ke para kepala sekolah bahwa mekanisme pencairan dana BOS tahun ini sudah berubah. Jadi harus dipenuhi dulu persyaratannya baru bisa diproses,” ujar Damsid. (ely/c)

Sebaran Dana BOS di Sultra

  • Penerima dana sebanyak 583.748 orang
  • Tersebar di 3.525 sekolah
  • Rinciannya berdasarkan jenjang sekolah :
    1. 333.177 murid Sekolah Dasar (SD) dari 2.319 SD
    2. 132.860 siswa SMP dari 738 sekolah
    3. 85.134 siswa SMA dari 293 sekolah
    4. 30.473 siswa SMK dari 145 sekolah
    5. 2.104 siswa SLB dari 30 sekolah

Sumber : Pemprov Sultra

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top