Belanja Langsung APBD-P Sultra Naik Rp 413 Miliar – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Belanja Langsung APBD-P Sultra Naik Rp 413 Miliar

Kepala Bappeda Sultra,Nasir Andi Baso.

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca penandatangan MoU KUA-PPAS pekan lalu, Pemprov Sultra langsung menyerahkan draf anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) kepada DPRD Sultra. Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata sudah memaparkan kondisi keuangan daerah di hadapan 45 orang wakil rakyat. Tujuh fraksi juga sudah menyampaikan pandangannya pada Senin lalu. Selanjutnya, Selasa (12/9), giliran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) memberikan jawaban atas pandangan fraksi-fraksi itu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, Nasir Andi Baso mengatakan dalam pembahasan KUA-PPAS, baik DPRD maupun SKPD alot membahas program prioritas. Sehingga dalam postur APBD-P itu hanya memasukan kegiatan yang dianggap mendesak. “Apa yang dibahas lanjutan dari yang kemarin-kemarin. Jadi tidak ada masalah, SKPD hanya menjabarkan kegiatan apa yang tersisa tahun anggaran ini,” ujar Nasir Andi Baso, kepada Kendari Pos.

Menariknya, postur APBD-P 2017 ini lebih berpihak pada kepentingan umum melalui pembiayaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan kepentingan rakyat. Terjadi perubahan terhadap angka belanja tidak langsung dan belanja langsung. Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Sultra sudah membuat pembagian ideal terhadap anggaran itu. Untuk belanja langsung (BL) atau belanja program naik sebesar Rp 413 miliar. Sedangkan belanja tidak langsung (BTL) turun sebesar Rp 153 miliar.

“Ini terjadi karena kondisi ekonomi kita, asumsinya akan menurun pada APBD Perubahan ini. Tapi kita dapat tambahan dana karena dana alokasi umum (DAU) kita tahun lalu dikembalikan. Ada juga sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa). Setelah diakumulasi, Silpa itu bisa bertambah Rp 277 Miliar,” jelas Nasir Andi Baso. Ia menambahkan pihaknya menargetkan pembahasan APBD Perubahan bisa dituntaskan bulan ini. “Kalau berjalan lancar Insya Allah bisa selesai bulan ini,” jelasnya. (ely/c)

Perbandingan APBD Induk dan APBD Perubahan

  1. Item Anggaran APBD Induk APBD Perubahan
  2. Total Belanja Daerah Rp 3,5 Triliun Rp 3,8 Triliun (Naik Rp 277 Miliar)
  3. Belanja Tidak Langsung Rp. 2,4 Triliun Rp 2,3 Triliun (Turun Rp 135 Miliar)
  4. Belanja Langsung Rp 1,1 Triliun Rp 1,5 Triliun (Naik Rp 413 Miliar)

Pengeluaran Pembiayaan

APBD Induk
-Pembayaran pokok hutang Rp 77 miliar
-Penyertaan modal pemerintah Rp 32 miliar

APBD Perubahan
-Pembayaran pokok hutang Rp 77 miliar
-Penyertaan modal pemerintah Rp 49 miliar

Sumber : Pemprov Sultra

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top