Warga Tahura Mulai Tempati Rumah Relokasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Warga Tahura Mulai Tempati Rumah Relokasi

Warga Tahura yang direlokasi.

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Puunggaloba yang selama ini bermukim kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) mulai melunak. Mereka sudah berinisiatif meninggalkan kawasan Tahura dan mengisi rumah-rumah khusus yang disiapkan pemerintah di Kelurahan Purirano, Kecamatan Kendari. Saat ini sudah sekria 50 Kepala Keluarga (KK) yang berdomisili di Kelurahan Purirano. Sementara pemerintah terus membuka layanan setiap saat bagi masyarakat yang akan mengkonfirmasi kepindahannya.

Kepala Satker Perumahan Provinsi Sultra, Hujarat menyampaikan mengatakan dalam waktu dekat akan ada 55 KK lagi yang menyusul warga Punggaloba lainnya. “Ini sementara siap-siap lagi yang 55 KK. Satu dua bulan ini sudah terisi lagi,” ujar Hujarat, kepada Kendari Pos. Saat ini kata Hujarat baru 105 unit yang siap huni karena telah dilengkapi dengan fasilitas umum. Diakhir tahun nanti akan tuntas lagi pembangunan 74 unit yang masuk pada anggaran 2017 ini. “Saya kira tidak ada masalah dengan masyarakat karena disini juga rumah layak,” tukasnya.

Beredar di kalangan masyarakat jika rumah khusus yang disiapkan oleh pemerintah itu akan disewa seperti Kredit Perumahan Rakyat (KPR). Hujarat membantah hal itu. Kata dia, pihaknya tidak memungut biaya apapun ada setiap KK yang masuk. “Kalau ada iuran itu nanti kesepakatannya warga setempat untuk kebutuhan mereka bermasyarakat saja. Yang dibayar bulanan hanya listrik dan air saja,” ungkapnya.

Masih kata Hujarat, pemerintah akan terus mengusulkan rumah khusus ke pemerintah pusat. Sehingga nantinya bukan hanya warga Tahura yang bermukim di lokasi itu. “Sebenarnya masyarakat kurang mampu yang tidak punya rumah itu juga bisa. Saat ini warga Tahura Puungaloba masih prioritas. Tapi jika sewaktu-waktu ada yang sudah mapan dan bisa membangun rumah sendiri itu bisa diganti dengan warga lain,” lanjutnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top