Sasar Pemilih Pemula, KPU Konawe Gencar Sosialisasi – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Sasar Pemilih Pemula, KPU Konawe Gencar Sosialisasi

KENDARIPOS.CO.ID — Partisipasi pemilih pemula dalam setiap pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) masih minim. Tak heran, persoalan ini menjadi perhatian serius Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe. Untuk mengatasi minimnya minat pemilih pemula, KPU Konawe gencar melakukan sosialisasi menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018. Salah satu pendekatan yang dilakukan KPU yakni dengan menggelar sosialisasi di tempat berkumpulnya kaum muda seperti cafe dan warung kopi (Warkop).

Ketua KPU Konawe, Sarmadan mengatakan sosialisasi itu sengaja dilakukan di cafe atau warkop, karena target mereka adalah siswa SMA atau sederajat berusia 17 tahun keatas. Menurutnya, pemilih seusia mereka sudah memenuhi syarat untuk menyalurkan hak suaranya pada Pilkada nanti, tepatnya 28 Juni 2018 mendatang. “Selain sosialisasi, kita juga melakukan praktek dan simulasi cara pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebelumnya ada pemaparan materi secara panel oleh seluruh anggota komisioner sesuai dengan Pokja masing-masing,” terangnya kepada Kendari Pos.

Dalam sosialisasi ini, KPU menargetkan bisa memberikan pemahamaan. Kelompok pemilih pemula ini harus sadar tentang pentingnya menyalurkan hak suaranya. Termasuk memilih pemimpin sesuai hati nurani. “Kita juga menjelaskan teknis dan tata cara memilih saat di TPS nanti, supaya bagaiman pemilih pemula ini menjadi pemilih cerdas,” ujar Sarmadan. Pemilihan umum (Pemilu) jelasnya, adalah sarana kedaulatan rakyat untuk menyalurkan hak pilihnya di dalam negara NKRI, yang telah terbagi 4 tingkatan yakni Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup).

Pada tahun 2018 nanti, daerah Kabupaten Konawe bakal menghadapi dua Pemilu sekaligus, yakni Pilgub dan Pibup. Makanya, pemilih akan diperhadapkan dengan dua kotak suara di TPS. Untuk itulah, sangat penting bagi pemilih pemula mendapatkan pemahaman sejak dini. Sementara itu, Koordinator Divisi teknis dan penyelengaraan Pemilu KPU Konawe Abd. Hasyim menjelaskan, bahwa tahapan teknis Pemilu terdiri beberapa tahap. Pertama, perencanaan dan penganggaran dan pembentukan badan ad hock, yang merupakan panitia penyelenggara di tingkat bawah seperti PPK dan PPS. “PPK dan PPS ini yang akan bertugas mendata dan menyelenggarakan pemilihan di TPS setempat,” ucapnya.

Untuk tahap pelaksanaan kata dia, mencakup pencalonan. Yang mana terdiri dari jalur Parpol dan independen. Selanjutnya, masa kampanye calon, dan masa pemungutan suara, rekapitulasi dan penetapan hasil pemilihan. “Semua tahapan harus berjalan sesuai petunjuk teknis, supaya menjadi Pemilu yang sehat,” tandasnya. (b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top