Saleh Lasata : Sultra Butuh Pemimpin Pemersatu – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Saleh Lasata : Sultra Butuh Pemimpin Pemersatu

Plt Gubernur Sultra HM Saleh Lasata bersama Dirut Knedari Pos, Irwan Zainuddin (tengah) bersama kru Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sultra mengalami kemajuan signifikan dibawah kendali pasangan Nur Alam-Saleh Lasata. Hampir sepuluh tahun memimpin, pembangunan terlihat di sana-sini. Tak hanya infrastruktur, tapi juga pembangunan manusianya. Hebatnya lagi, selama pasangan berakronim NUSA ini naik tahta, situasi daerah sangat kondusif. Meski dihuni beragam suku dan agama, namun semua hidup dalam damai. Toleransi yang terbangun sungguh luar biasa.

Plt Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata berharap, masyarakat terus menjaga toleransi yang sudah terjalin selama ini. Menurutnya, perbedaan itu hal biasa, malah bisa menjadi kekuatan hebat kalau diramu untuk mendukung kemajuan daerah. “Saya berharap semua pihak menghargai perbedaan yang ada, bisa hidup harmonis. Kalau daerah aman, potensi untuk maju sangat terbuka,” ungkap Saleh Lasata saat berbincang dengan Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran di ruang kerja Plt Gubernur, Senin (11/9).

Menurut pasangan Nur Alam itu, banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat perbedaan itu. Salah satunya melalui pelestarian kebudayaan lokal. “Kita hidupkan terus kebersamaan ini, karena perbedaan itu adalah kearifan lokal kita sendiri,” ujarnya. Lebih lanjut, purnawirawan TNI AD itu mengingatkan, Sultra saat ini tengah menghadapi pesta demokrasi besar. Ada pemilihan gubernur (Pilgub) dan Pilkada tiga daerah. Isu sara dikhawatirkan akan menjadi materi kampanye, sehingga berpotensi merusak persatuan dan toleransi. “Sebenarnya tidak perlu ada istilah daratan-kepulauan. Kita ini satu, Sultra. Kita butuh pemimpin yang mempersatukan saja,” harapnya.

Dalam penilaiannya, Nur Alam merupakan sosok yang mampu memenuhi ekspektasi itu. Baginya, mantan Ketua DPW PAN Sultra telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Dia tak pernah membeda-bedakan orang dalam urusan pemerintahan. “Beliau (Nur Alam,red), sosok pemimpin bijaksana yang mampu mempersatukan semua golongan. Saya berharap, pemimpin Sultra berikutnya juga seperti itu. Mampu mempersatukan dan merangkul semua golongan,” harapnya.

Dia juga menilai Kendari Pos telah berdiri diposisi yang tepat saat ini. Senantiasa memelihara ketertiban masyarakat. Kata dia, saat ini Sultra sudah tak terlalu ramai dengan aksi unjuk rasa. Berbeda dengan beberapa tahun lalu yang sampai masuk tiga besar soal intensitas demonstrasi di daerah. “Itu juga salah satu kesuksesan peran media, Kendari Pos. Karena tidak dipanas-panasi dengan pemberitaan,” terangnya.

Olehnya itu, mantan Bupati Muna dua periode itu mendukung penuh gagasan Kendari Pos untuk menggelar acara bernuansa ke daerahan. Yakni lomba pidato bahasa daerah, lagu bahasa daerah dan berbagai kekayaan budaya lainnya yang ingin dibangkitkan kembali di Bumi Anoa ini. “Saya dukung itu, banyak anak-anak kita yang tidak menguasai lagi budaya kita. Misalnya saja bahasa daerah, itu sudah jarang,” katanya.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin menegaskan, Kendari Pos akan menjadi media yang mengedepankan prinsip Santun dan Menginspirasi dalam setiap pemberitaannya. “Sebelum memberitakan sesuatu, kami melihat dampaknya dulu, kalau itu berpotensi konflik kami memilih untuk tidak menerbitkannya,” jelasnya.

Lebih dari itu, Kendari Pos ingin hadir tidak semata-mata sebagai media informasi bagi masyarakat. Tapi juga ingin berperan aktif dalam setiap even ke daerahan, misalnya lomba-lomba budaya daerah. “Kita melihat budaya daerah hampir mati. Hal itu rencana yang akan kita bangkitkan kembali,” imbuhnya. (ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top