Kembangkan Hidroponik, Dinas Pangan Kota Kendari Gandeng PKK – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Kembangkan Hidroponik, Dinas Pangan Kota Kendari Gandeng PKK

Nismawati

KENDARIPOS.CO.ID — Kepadatan penduduk yang terus bertumbuh tentu berimplikasi pada tingkat kepadatan lahan pemukiman. Lahan kosong pun beralih fungsi menjadi lokasi pemukiman dan kawasan bisnis. Tak pelak, lahan pertanian kian minim. Konsekuensinya pun jelas, rata-rata bahan pangan didatangkan dari daerah penyangga. Tidak terkecuali Kota Kendari. Untuk mengatasi hal itu, Dinas Pangan Kota Kendari akan berupaya keras memasyarakatkan teknik bertani hidroponik. Untuk mendukung hal itu, Dinas Pangan akan menggandeng Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Kendari.

Kepala Dinas Pangan Kota Kendari, Nismawati menuturkan PKK merupakan representasi masyarakat kota, sehingga langkah tepat untuk melibatkannya. Konsepnya yakni mengajak anggota PKK untuk menjadi pelaku tani hidroponik. Dinas Pangan menargetkan minimal dalam satu kelurahan setidaknya 20 anggota yang bercocok tanam hidroponik. “Tahun ini kami sosialisasi dulu. Tahun depan kita akan action dilapangan,” ujarnya, kepada Kendari Pos, Senin (11/9/2017).

Teknisnya, lanjut Nismawati, pihaknya akan memberikan pelatihan teknik hidroponik. Nantinya, masyarakat akan membentuk kelompok tertentu, selanjutnya, diberikan pendampingan terus-menerus sampai masyarakat dapat mandiri. “Sebenarnya kami sudah mulai di Poasia, hanya saja baru sebatas percontohan. Nantinya semua kecamatan akan kita bentuk kelompoknya,” tukasnya.

Hidroponik menurut Nismawati merupakan teknik bertani dengan memanfaatkan lahan kecil dipekarangan rumah. Media tanamnya tidak menggunakan tanah, tetapi wadah tertentu yang menggunakan air. Hidroponik sangat cocok diterapkan dikawasan perkotaan yang lahan pertaniannya minim. “Tapi jangan salah, hidroponik ini memiliki produktifitas yang tidak kalah dengan tani konvesional. Jangankan untuk kebutuhan keluarga, untuk dijual pun bisa. Asal diketahui cara budidayanya,” paparnya.

Lebih jauh, tanaman seperti sayur mayur sangat cocok untuk ditanam secara hidroponik. Keunggulannya, hidroponik dapat menjadi kebun mini sekaligus taman. Kemudian, baik untuk kesehatan karena tanamannya bebas dari penggunaan pestisida. “Target kami, 2018 hidroponik sudah akan jadi trend di Kendari,” pungkasnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top