Investasi Rp 1,3 Triliun Masuk di Sultra, Investor Bakal Bangun Pabrik Gula di Bombana – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Investasi Rp 1,3 Triliun Masuk di Sultra, Investor Bakal Bangun Pabrik Gula di Bombana

Penandatanganan MoU yang disaksikan Plt Gubernur Sultra. HM Saleh Lasata.

KENDARIPOS.CO.ID — Kran investasi di Sultra terus dibuka oleh pemerintah provinsi, guna meningkatkan aktivitas perekonomian yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kali ini, sebuah perusahaan asal Kalimantan Selatan, PT Jhonlin Batu Mandiri resmi menjadi mitra Pemprov Sultra dalam pengembangan industri gula di Bumi Anoa ini.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Senin (11/9), di kantor Gubernur Sultra. Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata mengapresiasi perusahaan tersebut yang akan berinvestasi di Sultra. Dia meminta agar pengusaha tak melupakan warga sekitar untuk diberdayakan sesuai dengan kemampuan masyarakat.
“Isi satu kepala dengan kepala yang lain itu pasti beda. Tolong ini menjadi perhatian bagi perusahaan supaya masyarakat didekati dengan cara-cara yang baik,” pinta Saleh Lasata, Senin (10/9/2017).

Sementara itu Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Tinaorima, Rustam BR mengatakan penandatangan MoU itu menjadi batu lompatan untuk memulai aktivitas pembukaan pabrik gula di Bombana. “Setelah ini kita akan menyesuaikan lapangan, menyelesaikan administrasi. Dan membuka kebun tebu,” ujar Rustam.

Pemda kata dia sudah menyiapkan 20 ribu hektare lahan untuk pengembangan tebu. Di dalam lahan perkebunan itu akan terintegrasi dengan peternakan sapi. “Soal peternakannya kita akan komunikasikan lagi dengan masyarakat,” tambah Rustam. Soal modal kata dia, pihak investor sudah menyiapkan tahap awalnya senilai Rp 1,3 Triliun. Nilai itu akan terus bertambah seiring dengan kesiapan pabrik gula itu. “Satu tahun Insya Allah ini sudah jalan,” pungkasnya.

Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Setprov Sultra, Hasby Andi Saing mengatakan sebelum adanya MoU itu, pihaknya sudah mempelajari seluk beluk perusahaan yang akan menjadi mitra pemerintah itu. Aspek kehati-hatian dalam menggaet investor tetap di utamakan, meski Sultra membutuhkan banyak investor dalam pengembangan sumber daya alam. “Pada prinsipnya kami sangat terbuka, tapi tetap hati-hati. Harus betul-betul kita pastikan bahwa perusahaan ini mau dan mampu mengembangkan usahanya di Sultra. PT. Jhonlin ini sudah sukses di Kalsel,” jelasnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top