Bupati Konsel Perjuangkan Akses Jalan Laonti – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Selatan

Bupati Konsel Perjuangkan Akses Jalan Laonti

PEMKAB KONSEL FOR KENDARI POS
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (keempat dari kiri) usai pertemuan dengan pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, senin(11/9)

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan akses jalan darat dari Lapuko menuju Laonti terus diupayakan pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) untuk membuka keterisolasian daerah itu. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga didampingi Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra, Sri Winenang untuk menemui langsung Dirjen KSDAE, Wiratno di Jakarta, Senin (11/9).

Agenda kunjungan Konsel-1 ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut untuk membicarakan mengenai kelanjutan pembukaan akses jalan darat tembus Laonti. Sebab jalan yang saat ini sementara dibangun tersebut telah melintasi kawasan suaka marga satwa.

“Kita berupaya menemui Dirjen agar pembukaan jalan seluas 6,1 kilometer tersebut dapat diberi izin. Sebab jalan itu melewati tanjung Beropa,” ungkap Surunuddin saat dihubungi, senin(11/9).

Ia menambahkan, dirinya ingin memastikan agar akses jalan darat tembus Laonti itu bisa berjalan tanpa hambatan. Sebab dengan terbukanya akses darat tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di Pulau Laonti. “Jadi kita maksimalkan jalan ini agar target ke depan sudah bisa naik mobil ke sana. Tidak lagi harus lewat jalur laut. Apalagi saat ini masyarakat sangat terbantu sekali dengan pembukaan jalan. Hasil pertanian mereka bisa diangkut melalui jalur darat. Dalam pembukaan jalan ini, kami bekerja sama dengan TNI,” tambahnya.

Sementara itu warga Laonti, Babud Razak mengaku bersyukur atas terbukanya akses jalan darat yang telah lama dinantikan. “Dulu orang tua saya adalah Wakil Kepala Kampung pertama desa ini. Tiba di sini karena mencari wilayah baru, naik kapal dari daratan Kendari dan terdampar di wilayah tidak bertuan, waktu itu desa ini tanah kosong dan hutan belantara, dan akhirnya mereka memutuskan tinggal sehingga berkembang hingga saat ini. Sudah sekian lama kita mengharapkan ada perhatian dari pemerintah untuk pembukaan jalan. Akhirnya baru kali ini ada realisasi, makanya kami sangat bersyukur sekali,” girang Babud Razak. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top