Tiga Sekolah Jadi Duta Sultra – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Tiga Sekolah Jadi Duta Sultra

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI– Setelah melalui seleksi yang ketat Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar), berlangsung tanggal 5-6 September, akhirnya ditetapkan tiga peserta terbaik dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang siap dikirim ke tingkat nasional pada November mendatang di Jakarta.

Kepala Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Sultra, H Munir Herman MPd. mengatakan, ketiga peserta didik tersebut adalah Reynaldi dari SMAN 1 Kendari, Muhammad Fadhil D perwakilan SMP-TQ Mu’adz Bin Jabal dan Amirul Mukminin Yannur dari Madrasah Ibtidaiyah Ummusshabri.

“Bagi anak-anak kami yang jadi juara, belajar tidak boleh stop karena ini bukan akhir. Tahun lalu Sultra juara 3 nasional dan tahun kita bukan juara 2 tapi juara 1 yang jadi target kita. Dan bagi yang belum tembus agar terus mencoba karena kesempatan terbuka lebar,” pesannya.

Herman (sapaan akrab) melanjutkan, Kuis Kihajar sejatinya akan diikuti 13 kabupaten/kota, namun tahun ini 4 wilayah tidak mengirimkan delegasinya. Ia pun mengimbau agar ke depannya, seluruh wilayah dapat ikut serta dalam kompetisi bergengsi ini.

Sejatinya Kuis Kihajar yang telah dilewati peserta terdiri dari seleksi akademik dengan poin 30 persen dan presentasi di hadapan juri lokal dan perwakilan Pusat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan andil 70 persen.

“Dengan Kuis Kihajar kami harap siswa mampu menguasai teknologi dan informasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Apalagi, era globalisasi menuntut persaingan ekstra di lintas negara. Tidak tahu teknologi sama dengan ketinggalan,” ungkap Pak Haji Herman (sapaan akrab).

Selanjutnya dalam seleksi tingkat nasional, peserta didik bakal dihadapkan dengan uji kognisi, My Journey dan My Idea yang bakal mencari jawara. Untuk itu kembali ia ingatkan calon delegasi untuk terus berlatih mengasah kemampuan.

Reynaldi pemenang Kuis Kihajar yang saat ini duduk di kelas 12 IPA 1 menargetkan gelar juara nasional. Ia optimis mampu memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama bumi anoa di kancah nasional. Lain halnya dengan Muhammad Fadhil, juara pertama jenjang SMP, yang benar-benar ingin menjadi orang hebat di dunia dan kaya di akhirat dengan ilmu yang mengangkat derajat.

Di momen yang sama, dalam Malam Anugerah Kihajar, juga ditetapkan sekolah terbaik yang konsisten mengikuti Kuis Kihajar dan selalu mendapat tempat, yakni SDN 12 Baruga, SMPN 9 Kendari dan SMAN 4 Kendari. Sedangkan predikat guru pembimbing terbaik diraih oleh Rasyid, MPd. (SDN 12 Baruga), Paruddin, MPd. (SMPN 1 Kendari) dan Satriana, MPd. (SMA Kartika). “Kami akan terus bergiat untuk mencetak generasi Sultra yang handal dan punya daya saing, utamanya Kuis Kihaja]r yang mengarahkan siswa untuk lebih kritis, cerdas dengan pemanfaatan IT,” tandas Paruddin. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top