Pencairan DD Tahap Dua di Wakatobi Mulai September – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Pencairan DD Tahap Dua di Wakatobi Mulai September

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan dana desa (DD) tahap dua akan dilakukan bulan September ini. Namun, kepastian transfer ke seluruh desa tergantung dari laporan pertanggungjawaban terkait realisasi anggaran tahap satu sebagai syarat utama.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Wakatobi, H Kamalu menegaskan, bila mengacu pada peraturan, pencairan DD paling cepat bulan ini. Hanya, desa dituntut segera menuntaskan segala persyaratan administrasi yang dibutuhkan baik pemerintah pusat maupun daerah. “Untuk DD tahap satu semua sudah ditransfer dari pusat maupun dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Sekarang tinggal menunggu laporan dari realisasi itu untuk pencairan tahap dua,” ujar Kamalu.

Dia menambahkan, pencairan tahap pertama sebesar 60 persen dan sisanya akan disalurkan pada tahap kedua ini. Transfer DD paling lambat sebelum 30 Oktober mendatang. “Dengan ketentuan 90 persen sudah direalisasikana. Dan kita tinggal menunggu,” kata Kamalu.

Untuk Kabupaen Wakatobi, sekira Rp 64 miliar DD disalurkan ke 75 desa. Laporan pembangunan fisik dan kelengkapan administrasinya akan dilaporkan perangkat desa ke instansi terkait. “Sementara untuk pihak kami hanya meneruskan laporan itu ke pusat,” ujarnya.

Bila anggaran DD tahap dua sudah masuk RKUD kata dia, serta ketentuan telah dipenuhi desa-desa maka harus ditransfer paling lambat seminggu ke rekening desa. “Tapi tergantung dari desanya kalau sudah tuntas laporan dan administrasinya maka segera ditransfer dananya,” tukasnya. (thy/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top