Kendaraan Anak di Bawah Umur Bakal Disita – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Kendaraan Anak di Bawah Umur Bakal Disita

Kasat Lantas Polres Kolut, AKP Gunanto

KENDARIPOS.CO.ID — Polisi Lalu Lintas Polres Kolaka Utara (Kolut) intens mendisiplinkan pengendara sepeda motor. Utamanya bagi pengendara yang masih di bawah umur. Sesuai Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mengendarai sepeda motor atau mobil harus berusia minimal 17 tahun.

Jika belum cukup umur, maka Satlantas Polres Kolut tak segan-segan menyita kendaraan yang dikendarai atau dikemudikan anak di bawah umur di jalan raya. Hal itu ditegaskan Kasat Lantas Polres Kolut, AKP Gunanto. Bahkan dia telah menginstruksikan anggotanya untuk mengamankan kendaraan yang pengendara atau pengemudinya anak di bawah umur. Jika telah diamankan, Polantas Kolut menghadirkan orang tua anak untuk diberi peringatan dan membuat surat pernyataan. “Kalau masih melanggar, yah kita akan berikan tindakan langsung (Tilang),” ujar AKP Gunanto, Minggu (10/9/2017).

Sesungguhnya, anak di bawah umur tidak dibenarkan mengemudikan kendaraan. Selama ini pihaknya sudah cukup bijak karena hanya memberi teguran dan surat pernyataan tanpa dikenakan tilang. Apalagi anak-anak itu belum memiliki surat izin mengemudi (SIM). Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda Rp. 1 juta. “Kalau sudah tahu tetapi orang tuanya tidak mencegah berarti merelakan anaknya ditilang karena tidak punya SIM,” jelas AKP Gunanto.

Apalagi jumlah pelanggaran di Kolut didominasi anak di bawah umur. Hal ini tentunya dibarengi dengan tingginya risiko kecelakaan dan mencelakakan pengendara lainnya. Karena sesuai tingkatan usia, mereka minim pemahaman dan kesadaran mengamalkan tertib berlalu lintas. “Lihat saja di jalan-jalan, di tempat keramaian pun kadang ngebut, padahal situasi sedang ramai. Di perempatan langsung tancap padahal ada pengendara lain yang akan melintas,” bebernya. (rus/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top