Kadis PMD Sultra : Calon Pendamping Desa Diprioritaskan Penduduk Setempat – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Kadis PMD Sultra : Calon Pendamping Desa Diprioritaskan Penduduk Setempat

H. Tasman Taewa

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan seleksi pendamping desa (PD) sudah masuk pada pelaksanaan tes tertulis, Minggu (10/9). Ribuan peserta sudah melewati dua tahap seleksi yakni berkas dan kemampuan pengetahuan umum. Setelah tiga ribuan peserta gugur pada seleksi berkas, maka diprediksi ratusan langkah peserta juga akan kandas pada ujian tulis. Bagi yang lulus ujian tulis akan melangkah ke tahap seleksi wawancara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sultra, Tasman Taewa menuturkan proses seleksi berjalan lancar sesuai jadwal dan perencanaan satker. Mereka yang akan lulus ujian tulis nantinya bisa langsung mempersiapkan diri untuk tes wawancara. Pada proses itu kata mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra ini, akan dicari peserta terbaik yang memiliki kemampuan tata pengelolaan dana desa dengan baik. Diakuinya, dari seribu lebih peserta terdiri dari berbagai daerah, bahkan dari luar Sultra. “Yang dari luar tetap punya kesempatan ikut seleksi, syarat-syaratnya kan tidak membatasi itu,” ujar Tasman Taewa, Minggu (10/9/2017)

Hanya saja, jika ada desa yang membutuhkan pendamping lalu ada salah seorang warga setempat ikut seleksi maka dipastikan dapat peluang lebih dibanding peserta lainnya. Kebijakan itu tentu punya berbagai alasan dan pertimbangan. Karena calon pendamping sudah menguasai kondisi desanya, juga akan tinggal diantara penduduk desa yang didampinginya. Sehingga memiliki waktu dan konsentrasi yang cukup untuk menjalankan tugas dan wewenangnya. “Yang daerah asal kita prioritaskan, karena memang mereka harus prioritas,” katanya. Untuk diketahui, sesuai jadwal seleksi, pengumuman hasil ujian tulis itu akan dilakukan pada 13 September nanti. Seleksi wawancara akan berlangsung 14-17 September. “Nah, tanggal 18 dan 19 September itu sudah pengumuman hasil seleksi,” pungkasnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top