Kadis Koperasi: UMKM Mubar Terus Tumbuh – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna Barat

Kadis Koperasi: UMKM Mubar Terus Tumbuh

KENDARIPOS.CO.ID — Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat berperan dalam meningkatkan ekonomi daerah. Tak heran jika Muna Barat (Mubar) berusaha mengoptimalkan ekonomi kreatif dengan tumbuhnya UMKM di daerah tersebut. Industri rumah tangga dan beragam kegiatan lainnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Mubar, Burhanuddin mengungkapkan, sebanyak 1.200 UMKM yang telah terdata. Lokasinya tersebar di beberapa kecamatan. “Masih ada yang belum terdata,” ujarnya.

Burhanuddin mengatakan, pertumbuhan UMKM di Mubar tahun 2017 mencapai 50 persen. Selain karena dorongan pemerintah kabupaten (Pemkab) Mubar, pertumbuhan tersebut juga dipicu setelah Bandara Sugimanuru beroperasi. Namun, banyaknya UMKM yang terdata, hanya sedikit yang mengantongi izin usaha. “Saya berharap agar UMKM ini segera mengurus izin,” pintanya.

Imbauan tersebut, kata dia, sangat berkaitan dengan potensi bagi masyarakat mendapatkan modal usaha. “Kalau ada izin, akan mempermudah pengurusan apa saja. Termasuk bantuan modal baik melalui bank yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun bantuan stimulus dari pemerintah. Jika tidak ada izin, akan sulit mengurusnya,” jelasnya.

Dia berjanji akan membantu dan mempermudah pengurusan izin usaha. Kadang masyarakat tidak tahu mekanisme pembuatan izin usaha. “Jika kesulitan, kamis siap bantu. Datang saja ke Dinas Koperasi dan UMKM. Bisa juga diurus di kecamatan tapi ditembuskan suratnya ke kami,” katanya. (yaf/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top