Bedah 105 RTLHdi Butur Belum Terealisasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

Bedah 105 RTLHdi Butur Belum Terealisasi

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Buton Utara (Butur) saat ini sedang menanti pemerintah menunaikan janjinya. Terutama 105 kepala keluarga (KK) yang kini sedang menempati rumah tak layak huni (RTLH). Mereka telah didata dengan janji akan mendapatkan anggaran bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) RI.

Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Rakyat Butur, Armin berharap, gelontoran dana diperuntukan untuk bedah rumah segera disalurkan. Program itu telah disosialisasikan ke masyarakat. Kendati demikian, dia mengimbau masyarakat tak perlu khawatir. Program tersebut akan terus berjalan di Kecamatan Kulisusu dan Kulisusu Utara. “Satu rumah mendapatkan bantuan sebesar Rp 7 juta sampai Rp 20 juta melalui pihak ketiga,” katanya.

Mantan Kepala Kadis Pertambangan dan Energi Butur itu menambahkan, jika dilihat besaran dana yang dikucurkan, tidak memungkinkan untuk membedah rumah secara menyeluruh. Minimal dengan anggaran sebesar Rp 20 juta sudah bisa membenahi kerusakan rumah dan pengadaan sanitasi. “Jumlah RTLH di Butur mencapai 4 ribu unit. Secara bertahap kami akan usulkan agar bisa menerima bantuan,” jelasnya.

Mantan Kadis PU itu menjelaskan, beberapa indikator yang dijadikan rujukan sehingga penghuni RTLH bisa mendapatkan bantuan tunai. Yakni kondisi, luas lantai rumah perkapita kurang dua meter, sumber air tidak sehat, akses memperoleh air bersih terbatas, dan tidak mempunyai akses MCK.

Sementara itu, anggota DPRD Butur, Muliadin Salenda berharap, bantuan yang dijanjikan pemerintah segera disalurkan. Sebagai wakil rakyat, kata dia, wajib memastikan semua bantuan yang telah dijanjikan pemerintah terealisasi. Pihaknya akan terus memantau progres penyaluran bantuan dana bedah rumah itu agar bisa tepat sasaran. (had/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top