Parah! PNS di Kolut Terima Asuransi Nelayan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka Utara

Parah! PNS di Kolut Terima Asuransi Nelayan

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Data penerima asuransi nelayan di Kolut ditemukan ada yang ganda, pindah domisili dan telah berstatus PNS. DKP langsung mencoret identitas tersebut. Tampak kondisi perairan saat cuaca buruk di Teluk Bone hingga menyebabkan nelayan beristirahat melaut untuk menghindari resiko. Kondisi itu berimbas pada langkanya ketersediaan ikan.

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar menginstruksikan pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) agar menyerahkan data valid nelayan yang ada di otoritanya. Instansi tersebut kemudian melakukan pendataan ulang dengan turun langsung ke desa-desa dan sudah berlangsung selama dua pekan terakhir.

Namun, sepanjang penginputan data, khususnya daftar penerima asuransi nelayan yang diprogramkan kementerian, sebagian diantaranya terdapat nama ganda, pindah domisili hingga telah berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Pihak DKP langsung mencoret identitas tersebut dari server yang terkoneksi langsung ke pusat.

Temuan tersebut diungkapkan Kepala Seksi Data, Informasi Nelayan dan Produksi Hasil Penangkapan DKP Kolut, Ali Wardana, Jumat (8/9). “Bupati minta data pasti. Makanya kami betul-betul mendata dan langsung turun ke lapangan mengecek keakuratannya,” ujarnya, jumat(8/9). Soal penerima asuransi yang ganda, ia mengaku, itu sesuai setoran data yang diterima para petugas dari masing-masing wilayah.

Sejak program ini mulai bergulir 2012 silam, telah tercatat lebih dari 2.400 penerima asuransi. Karena banyak yang ganda, pindah dominsili, maupun berganti status pekerjaan, maka DKP mencoretnya. “Saya belum tahu pasti berapa rekap yang sudah didata ulang, karena masih terus berproses sekarang,” kata Ali Wardana.

Untuk diketahui, asuransi ini diperuntukkan sebagai jaminan atau santunan bagi nelayan yang mengalami kecelakaan saat melakukan aktivitas penangkapan ikan. Beberapa kategori yang berhak mendapat asuransi seperti meninggal dunia, cacat tetap serta pendanaan untuk biaya pengobatan. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top