Distransnaker Konut Mulai Data Tenaga Kerja Pertambangan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Utara

Distransnaker Konut Mulai Data Tenaga Kerja Pertambangan

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Konawe Utara (Konut) segera melakukan pendataan para tenaga kerja yang berkativitas di bidang pertambangan. Inventarisasi itu dilaksanakan untuk mengetahui berapa besar jumlah tenaga kerja yang diserap perusahaan pertambangan di daerah tersebut.

“Saya sudah menandatangani surat perintah tugas (SPT) pada Kepala Bidang Hubungan Industrial untuk mengecek jumlah tenaga kerja yang bekerja di perusahaan pertambangan. Mungkin dalam satu dua hari mereka turun ke lokasi melakukan pengecekan,” ujar Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, H. Muhardi Mustafa, jumat(8/9).

Pengecekan tenaga kerja dimulai dari Kecamatan Langgikima hingga Boenaga di Lasolo Kepulauan. Terutama perusahaan tambang yang masih beroperasi seperti Konutara Sejati (KS) hingga di blok Boenaga. Pendataan tenaga kerja tak hanya bagi karyawan lokal, melainkan tenaga kerja asing (TKA).

“Soal pelaporan TKA itu sebenarnya wewenang provinsi. Tapi kita tidak mau kehilangan informasi. Makanya kami berbuat sendiri untuk mencari data. Saya dengar di KS ada TKA, makanya sudah diperintahkan Kabid HI untuk mengecek,” ujar mantan Kadistamben Konut itu.

Muhardi Mustafa menjelaskan, sebelumnya Distransnaker sudah mengirim format data tenaga kerja pada setiap perusahaan tambang. Dalam format itu sudah mencantumkan umur, pengupahan tenaga kerja maupun item lainnya. Hanya saja, Ketua PBSI Konut itu menilai, kepatutan perusaahaan untuk melaporkan tenaga kerjanya masih sangat minim.

“Yang baru melaporkan tiga sampai empat perusahaan saja, tapi lebih banyak yang belum. Kita berharap agar perusahaan lebih kooperatif menyampaikan jumlah tenaga kerjanya,” tandas Muhardi Mustafa. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top