Warga Butur Blokade Jalan Dalam Kota – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

Warga Butur Blokade Jalan Dalam Kota

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
Warga Kulisusu memblokade sejumlah ruas jalan dalam kota Butur karena pihak kontraktor tak cepat melakukan pengaspalan.

KENDARIPOS.CO.ID — Kesabaran warga Kecamatan Kulisusu di Kabupaten Buton Utara (Butur), telah habis. Sejumlah ruas jalan di pusat ibu kota yang sedang dibenahi tersebut harus diblokade sebagai bentuk protes pada pemerintah. Pemicunya, ruas jalan yang baru saja tuntas dilakukan perkerasan, tak pernah disiram oleh pihak kontraktor. Kondisi itu mengakibatkan debu beterbangan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur diminta tegas menegur kontraktor yang tak menjalankan kewajiban menyiram jalan. Akibat blokade jalan itu, kendaraan roda empat tak bisa melintas sebab ruas ditanami pohon pisang dan ditutup menggunakan balok kayu serta batu.

Warga Kecamatan Kulisusu, Saliba mengeluhkan kondisi jalan berdebu semakin mengkhawatirkan karena jarang dilakukan penyiraman. Hampir setiap hari warga yang rumahnya di tepi jalan berdebu itu harus menyiram untuk mengurangi debu masuk ke dalam kediaman.

“Sudah hampir sebulan setelah perkerasan jalan tak pernah disiram. Sudah banyak warga yang tinggal di bahu jalan terserang penyakit pernapasan. Sebagai bentuk protes kami lakukan blokade jalan,” ujar Saliba, kamis(7/9).

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Muhammad Asri Adam tak menampik ruas jalan yang tengah dibenahi itu diblokade warga. Menurutnya, proses perampungan jalan memang mengalami keterlambatan. Penyebabnya, pihak rekanan belum menyerahkan dokumen adiministrasi uji laboratorium sehingga pengaspalan belum bisa dilakukan. Imbasnya, jalan yang usai ditimbun jika dilalui kendaraan menjadi berdebu.

“Saya sudah menginstruksikan pada pihak terkait untuk dilakukan penyiraman pagi dan sore, agar masyarakat tidak terganggu dari debu. Sebetulnya ini tanggungjawab pejabat pembuat komitmen. Saya juga berharap setelah dilakukan penyiraman, blokade jalan dilakukan warga langsung dibuka,” pintanya. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top