Rusman Berpeluang Besar Diusung PDIP, Lirik Tina dan LA jadi Cawagub – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Rusman Berpeluang Besar Diusung PDIP, Lirik Tina dan LA jadi Cawagub

Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Rusman Emba masuk salah satu kandidat gubernur yang diperhitungkan. Usianya masih muda dan memiliki sederet pengalaman hebat di legislatif, menjadi modal penting yang membuatnya bisa bersaing. Hal ini juga bisa menjadi “magnet” bagi partai politik (Parpol) untuk mengusungnya maju di pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra, tahun depan, termasuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Peluang Bupati Muna itu diusung PDIP di Pilgub Sultra cukup besar. Sebab, saat ini dia masuk jajaran pengurus inti di DPD PDIP Sultra. Dinternal partai berlambang banteng moncong putih ini, kompetitor beratnya hanya Ir. Hugua yang saat ini menjadi Ketua DPD PDIP Sultra. Hanya dari aspek hitungan politis, mantan Ketua DPRD Sultra itu lebih berpeluang dapat dukungan.

Salah seorang pengurus inti PDIP Sultra, La Ode Umar Bonte mengakui kalau dua figur itu (Rusman dan Hugua) paling berpeluang mendapat dukungan partai pemilik lima kursi di DPRD Sultra itu. Kata dia, kalau ingin menang, partai harus tepat memutuskan jagoan yang diusung serta mempertautkan kekuatan daratan-kepulauan.

“Pemetaan wilayah dan figur harus dikedepankan. Kalau ingin merebut kemenangan harus seperti itu,” kata Umar Bonte ketika ditemui Kendari Pos di kantor DPP KNPI, JL Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Lalu, siapa tokoh daratan-kepulauan yang bisa memenangkan Pilgub yang dimaksud? “Alhamdulillah kita punya kader yang mumpuni untuk itu,” kata Ketua Fraksi PDIP di DPRD Kota Kendari ini.

Umar Bonte menyebut dua nama kader PDIP dan dua nama tokoh daratan yang dinilainya mampu memenangkan Pilgub jika partai merestui pasangannya. Mereka adalah, Hugua, LM Rusman Emba, Tina Nur Alam dan Lukman Abunawas. Sebagai ketua partai dan mantan Bupati Wakatobi dua periode, Hugua berpotensi. Demikian halnya, LM Rusman Emba yang kini menjabat Bupati Muna, mantan Ketua DPRD Sultra dan mantan anggota DPD/MPR-RI juga diyakini akan memenangkan pertarungan. Dengan catatan, salah satu diantaranya harus dipasangkan dengan Tina Nur Alam atau Lukman Abunawas.

Mantan Ketua MPM UHO ini berkeyakinan, bahwa siapapun yang akan berpasangan dengan Tina Nur Alam dan atau Lukman Abunawas, dialah yang akan keluar sebagai pemenang. Parameternya, lanjut Umar, kedua figur ini tak lepas dari sosok kebesaran Gubernur Sultra nonaktif, Nur Alam. Dia meyakini, Nur Alam masih memiliki basis massa riil sedikitnya 30 persen dari seluruh wajib pilih di Sultra. “Menjadi gubernur 10 tahun, saya yakin betul bahwa Nur Alam masih mengantongi arus dukungan yang besar. Tidak sedikit masyarakat di berbagai belahan dan pelosok Sultra ini terangkat ekonominya, terangkat kesejahteraannya, terangkat harkat dan martabatnya oleh karena kepemimpinan Nur Alam,” jelasnya.

Lanjut dia, puluhan orang telah dijadikan pelaksana bupati dan bupati definitif olehnya. Puluhan orang telah dijadikan Sekda, ratusan orang telah dijadikan kepala dinas, ribuan orang telah dijadikan pejabat eselon 3 dan 4 di berbagai kabupaten baru. “Saya yakin, mereka-mereka ini pastilah menyadari diri dan simpati kepada Nur Alam. Dan, semua itu menjadi kekuatan Ibu Tina dan Lukman Abunawas. Inilah yang saya maksudkan dengan siapapun keduanya berpasangan, dialah yang akan keluar sebagai pemenang Pilgub,” yakin Umar Bonte.

Hal lain yang ia utarakan adalah, PDIP memfokuskan dukungan kadernya sendiri namun harus sanggup membawa tambahan partai. Hugua ataupun Rusman Emba yang sanggup membawa partai untuk tambahan koalisi, maka dialah yang akan direkomendasikan partai. “Kita punya dua kader handal itu. Ada Rusman Emba, ada Hugua,” pungkasnya. (b/yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top